Jadwal KTM Penuh di 2016, Siap Berkompetisi di MotoGP 2017
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
16
Sep
2015

Jadwal KTM Penuh di 2016, Siap Berkompetisi di MotoGP 2017

  8683   0
Jadwal KTM Penuh di 2016, Siap Berkompetisi di MotoGP 2017
Jadwal KTM Penuh di 2016, Siap Berkompetisi di MotoGP 2017

AUSTRIA, ME. Musim 2015 udah hampir selesai, KTM yang udah berencana untuk turun di MotoGP pada 2017 mendatang pun juga udah nyiapin jadwal yang padat agar benar-benar siap. Musim 2016 nanti, KTM juga kabarnya bakal turun menjadi wildcard dalam beberapa seri, bradsis..
 
Sebagai pendatang baru, KTM pengen benar-benar fokus dengan proyek MotoGP ini. Pit Beirer, selaku KTM Racing Director, membeberkan bahwa pihak mereka udah siap untuk pengetesan mesin terbaru RC16 pada November mendatang selama tiga hari. Namun, KTM akan menggelar sesi tes pribadi, gak ikutan dalam sesi tes resmi di Valencia, Spanyol.
 
KTM juga sengaja menggelar sesi tes pribadi, agar benar-benar fokus dengan apa yang mereka kerjakan, bradsis. Lagipula, gak ada kepentingan marketing juga. Toh, gak ada yang bisa dijual juga, hanya pengetesan semata.
 
Mesin V4 berkapasitas 1000cc ini kabarnya cukup menjanjikan. "Kami adalah rookie di MotoGP. Kami sudah melakukan beberapa tes, mesin ini tampaknya cukup fantastis. Tapi tidak tahu seberapa fantastisnya untuk kelas ini. Mesinnya berjalan lancar, tidak ada masalah teknis," beber Pit.
 
Musim depan juga sirkuit Spielberg, Austin, akan masuk dalam kalender MotoGP, menggantikan sirkuit Indianapolis, Amerika. Tapi sayangnya, hingga saat ini, KTM yang bakal jadi tuan rumah belum punya pembalap, bradsis.
 
"Dalam proyek ini, kami tidak memikirkan masalah pemasaran. Sepertinya, motor kami pertama kali turun pada sesi tes sebenarnya pada Januari atau Februari 2016. Kami ingin sepenuhnya fokus pada sesi tes ini. Kami adalah pendatang baru, kami tidak punya motor untuk dibandingkan, dan juga perbandingan data," terang Pit.
 
"Kami harus memulai sendiri, tentunya kami akan mengetes mesin kami pada sirkuit-sirkuit yang masuk dalam kalender MotoGP. Jadi, kami bisa mendapat gambaran, ada di mana posisi kami. Masalah presentasi tim dan juga balapan, bisa dipikirkan belakangan. Selebihnya, kami belum bisa bicara," sambungnya.
 
Satu tahun sebenarnya waktu yang sangat singkat untuk proyek MotoGP, bradsis. Pasalnya, ada banyak yang harus diperhatikan dalam riset pengembangan motor balap. Pit sendiri pengen dalam musim 2016 untuk turun sebagai wildcard sebanyak 5 kali. Tapi ternyata, mereka berencana untuk langsung turun di musim 2017.
 
"Satu yang tidak boleh dilupakan, mesin MotoGP terdiri dari ribuan parts. Jadi, Anda harus membangunnya terlebih dahulu, lalu mengubahnya, baru setelah itu bisa balapan. Banyak waktu hingga bisa membangun sebuah motor balap. Itulah mengapa jadwal kami jadi perhatian utama jika kami ingin siap tampil di seri perdana 2017. Kami tidak ingin dipermalukan di sana, kami ingin datang dengan persiapan yang matang," ungkap Pit.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: speedweek.com
  218 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !