Para Relawan Kopcau Gelar Pameran Poster Road Safety
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-COMMUNITY
17
Sep
2015

Para Relawan Kopcau Gelar Pameran Poster Road Safety

  17608   0
foto-pameran-2015-09-16
foto-pameran-2015-09-16
banner-kopcau-2015-09-16
banner-kopcau-2015-09-16
foto-pameran-2015-09-16
foto-pameran-2015-09-16

JAKARTA, ME. Relawan Kopdar Pengicau atau biasa disebut Kopcau sedang rajin-rajinnya menyuarakan pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Wajar aja, setiap harinya di negara kita setidaknya bisa kehilangan 78 nyawa akibat kecelakaan lalu lintas di jalan. Kali ini, mereka mengajak masyarakat agar lebih fokus saat berlalu lintas dengan menggelar pameran poster Road Safety (16/9)..
 
Pameran poster ini digelar di ajang Pameran Transportasi yang digelar di Gedung Smesco, Jakarta. Pameran yang digelar pada 16-18 September 2015 itu memajang 14 dari 42 poster yang telah dibuat oleh Kopcau sepanjang 2013-2015. “Poster road safety kami pasang di booth pameran tersebut dan terbuka untuk umum, gratis,” ujar Fiyan, salah seorang pengurus Kopcau.
 
Fiyan menambahkan, selain menggelar pameran poster, komunitasnya juga menyebarkan kartu pos keselamatan jalan (road safety). Kartu pos tersebut berisi pesan keselamatan jalan yang didesain secara khusus guna memperluas jangkauan penyebaran pesan di tengah masyarakat.
 
Ada poster yang mengajak para pengguna jalan supaya nggak menjarah trotoar jalan, bradsis. Ada juga ajakan untuk tetap fokus di atas kendaraan. Pasalnya, salah satu perusak konsentrasi saat berkendara adalah aktivitas berponsel. Buat brad n sist yang masih suka begini, mulai sekarang jangan dibiasain lagi ya.
 
“Ada juga poster dan kartu pos tentang jangan memberi anak di bawah umur berkendara,” tambah dia. Pameran ini digelar Kopcau bekerjasama dengan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).
 
Pameran yang dibuat Kopcau ini didukung oleh Blue Bird yang membantu membuat material bahan untuk road safetynya nih bradsis. “Kami ingin ada materi keselamatan jalan dalam pameran kali ini dan teman-teman relawan ini amat membantu,” papar Deddy Herlambang, direktur eksekutif MTI. 
 
Ajang pameran ini adalah jurus dalam menyebarkan kampanye road safety, bradsis. Setiap hari komunitas ini menyebarkan kampanye lewat media sosial. Namun, secara berkala komunitas anak-anak muda ini juga menggelar aksi damai turun ke jalan mengajak para pengguna jalan untuk sadar soal keselamatan dirinya dan orang lain.
 
Salah satu aksinya adalah turun ke jalan dengan tema aksi damai Mudik Selamat tahun 2015 yang digelar bersama empat komunitas lain di Jakarta. “Selain itu, kami juga sedang menyiapkan aksi turun ke jalan dengan tema ajakan tidak menjarah trotoar sebagai hak pedestrian,” tutur Edo Rusyanto, pendiri Kopcau.
 
Kopdar Pengicau didirikan di Jakarta pada 23 Desember 2012. Awalnya, komunitas ini beranggotakan para admin twitter dari komunitas atau klub sepeda motor di Jabodetabek. Kini, setiap individu bisa menjadi anggota komunitas asal memiliki kepedulian pada masalah keselamatan di jalan. Kopcau tiap dua minggu sekali saat kopdar jumat malam juga menghasilkan satu poster digital bradsis. Poster digital nantinya disebar lewat akun twitter @kopdarpengicau dan juga lewat media sosial lainnya seperti Facebook, Path, dan Makro Blogging hingga media massa konvensional.
 
Tertarik bergabung? Untuk informasi lebih lanjut, brader n sista bisa hubungi brader Iful, selaku ketua Kopdar Pengicau dengan nomor Hp: 087887034564 atau bisa mention ke akun Twitter @kopdarpengicau..

Text: Panji (rizenp@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  462 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !