Sisi Lain Sepeda Motor: Ketika Fungsinya Beralih di Tangan Orang Kreatif!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
02
Okt
2015

Sisi Lain Sepeda Motor: Ketika Fungsinya Beralih di Tangan Orang Kreatif!

  7889   0
Alih Fungsi Kendaraan Bermotor, Makin Banyak Dan Kreatif
Alih Fungsi Kendaraan Bermotor, Makin Banyak Dan Kreatif
Alih Fungsi Kendaraan Bermotor, Makin Banyak Dan Kreatif
Alih Fungsi Kendaraan Bermotor, Makin Banyak Dan Kreatif

TANGERANG, ME. Sepeda motor, sering dituding sebagai biang kemacetan di kota besar. Itu bisa jadi bener, bradsis. Terutama kalo rider atau bikersnya ngawur binti ngaco dan gak patuh aturan lalu-lintas. Tapi di artikel ini, ME justru pengen bahas sisi lain dari motor, nih. Karena di balik itu, ternyata ada fungsi lain, lo.. Seperti terjadi di Jawa Timur dan luar negeri.

Ya itu bradsis, emang gak bijak juga kalo selalu nyalahin motor yang bikin macet di Jakarta atau kota padet lainnya. Sebenernya bukan motornya, tapi orangnya yang bikin macet. Gak pernah kan, tu motor jalan sendiri, ngacir ke jalan raya tanpa pengendara, hehehe... Jadi gampangnya, faktor manusianya lah yang berkontribusi lebih gede bikin kesemrawutan jalan. 

Buktinya kayak di Jawa Timur nih. Karena orangnya kreatif, si motor malah beralih fungsi jadi pompa air. Ini bisa dilihat dari video yang diunggah brader Dwi Wahyu ke youtube. Beberapa sepeda motor - maksudnya mesinnya bradsis, diandelin buat mompa air. Caranya, dengan memasang pompa pada magnet motor, dengan menambahkan konektor dan stainless sebagai pengait pompa.

Alat dengan harga Rp 400 ribu, brader n sister sudah mendapatkan pompa air yang memiliki berat 1,6 kg dengan daya sembur hingga 8 meter. Pemasangannya, juga cukup mudah dan mampu digunakan untuk mengairi sawah, kolam ikan, tambang tradisional, tambak dan pemadaman api bradsist.

Beda lagi kalo di luar negeri, motor trail Kawasaki kd 175 keluaran 1978 mampu mendorong perahu. Motor berkapasitas mesin 175 cc, 2 tak, 1 silinder memiliki 6 speed yang mampu menghasilkan tenaga 16 dk pada 7.000 rpm. Sayang di video gak dijelasin modifikasinya secara detail.

Hanya saja, dari video bisa dilihat kalo ban depan motor udah dicopot untuk dikaitkan ke perahu, dan ban belakang hanya menggunakan pelek, dan karet ban yang sudah dimodifikasi agar bisa menyapu air sebagai pendorong. Cukup kreatif juga kan?

Terus, sepatbor motor juga sudah diberi tambahan agar air yang tersapu tidak mengganggu rider, bradsist. Walaupun belum terlihat sempurna eks-motor 2-tak ini, tapi sudah mampu mendorong perahu dengan 2 penumpang dalam video di akun facebook Legendary Motorcycle.

Sebelumnya video
Robbie Maddison yang meluncur di atas air juga membuat decak kagung bradsist. Kira kira video kreativitas apa lagi yang akan hadir di media sosial ya bradsist? Khususnya, untuk motor-motor yang udah dioprek jadi fungsi lainnya, looo...

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Acip ST (acip@motorexpertz.com),
Photo: Istimewa
  230 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !