First Test: All New Honda CB150R StreetFire, Performa Seagresif Tampang Gak Ya?
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TEST
02
Okt
2015

First Test: All New Honda CB150R StreetFire, Performa Seagresif Tampang Gak Ya?

  19994   0
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R
All New Honda CB150R

Jakarta, ME. Kehadiran All New Honda CB150R yang digadang-gadang PT Astra Honda Motor untuk nguasain market motor sport 150 cc emang bikin penasaran konsumen. Termasuk pembaca setia ME, banyak yang nanya apa hebatnya, sih? Makanya, rubrik ME-Test kali ini, segaja bahas si Cibie, bradsis.  Kesimpulannya sih, tampilan emang lebih agresif. Tapi kalo power? Lanjooott...

Setelah unit pinjaman datang dengan selamat ke markas ME, kalimat yang keluar: Nah, akhirnya dateng juga tuh motor, buat 'diperkosa'! Sampe-sampe, brader Kodi yang biasa nganter motor mesem-mesem. "Maaf mas, agak terlambat dikirim. Maklum dah, ni motor udah kayak seleb, hehehe..!" katanya sambil senyum khas. It's oke braderr... telat gak selamanya jelek, kok. 

Wokeh, ngobrolnya udahan dulu. Sekarang kita komentarin motornya ya. Tengok secara keseluruhan, emang CB150 baru ini lebih agresif dari versi terdahulunya. Paling kuat auranya dari headlamp lancip, shroud dan stoplamp yang lebih fresh. Juga pada kaki-kaki kekar yang bikin lebih klop dengan keseluruhan bodinya. Apalagi bagian sasis teralisnya juga memperlihatkan motor jadi lebih berotot.

Fitur unggulan yang menjadi pembeda dari terdahulunya juga tampak pada teknologi lampu depan-belakang yang udah menggunakan LED. Termasuk juga pada lampu sein. Oh iya, bentuk sein juga lancip bin sipit mirip lampu aftermarket yang bikin kece kayak anak gadis Pak RT, hehehe...

Tim ME yang punya postur tinggi 175 cm langsung duduk di atas jok yang termasuk pendek dan bikin kaki enggak usah jinjit. Tinggi dari permukaan tanah cuma 797 mm. Terus menggengam setang kemudi yang agak rendah dan pendek. Ini bikin riding position rider sedikit membungkuk untuk meraihnya, atau kalau nggak tangan jadi lurus saat memegangnya.

Tapi dijamin tetap nyaman berada di atas jok empuknya yang lekukannya dirasa lebih pas untuk bokong (kalo bahasa gaulnye, nompo, gitu bradsis). Posisi badan juga jadi sedikit menunduk dengan posisi footstep agak ke belakang. Toh tetap aman dan nyaman saat paha mengempit tangki bahan-bakar.

Posisi rumah kunci kontak juga bukan di bawah spidometer lagi, melainkan menyatu dengan bodi tangki. Langsung putar kunci kontak dan bisa pelajari panel instrumen lengkap spidometer.

Spidometer full digitalnya bikin mata mudah membacanya dengan bentuk yang menarik. Mulai dari takometer, fuel meter, petunjuk lampu overheat, odometer, tripmeter dan jam. Tapi sayang New CB150R ini tidak dilengkapi petunjuk persneling. Sementara spidometer tepat di tengah bagian bawah.

Diajak mengitari jalanan Ibukota yang padat New CB150R memang termasuk sport 150 cc yang nyaman dengan bobot motor 136 kg. Maksudnya enggak bikin cepat pegal juga dengan karakter mesin yang responsif untuk berkendara stop and go khas perkotaan. Asyiknya setiap perpindahan gigi sangat akurat, sehingga mudah saja (biasanya bikers bilang; empuk) dan enteng sama seperti versi lawas.

Mesinnya mampu semburkan tenaga 16,7 dk pada 9.000 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Saat menyentuh angka 5.000 rpm aja power langsung bisa terasa mengentak saat gas dipelintir dengan bukaan tuas kopling sedikit lebar. Jadi, putaran tengah hingga atas tetap galak dan asyik buat perjalanan jarak dekat atau touring sekalipun.

Waktu melibas jalanan keriting juga suspensi depan bekerja maksimal meredam getaran. Tapi pada monosok belakang dirasa masih kaku dengan model Pro-Linknya ini. Dengan karakter yang sedikit kaku, toh ini yang bikin motor tetap anteng diajak melibas tikungan dengan kecepatan tinggi atau di trek lurus.

Meliuk-liuk berada di antara mobil saat bermacet ria juga New CB150R masih dikategorikan eces bin enteng. Dengan dimensi Panjang 2.019 mm x Lebar 719 mm x Tinggi 1.039 mm dan sumbu roda 1.293 mm, enggak ada kesulitan menguasai handling motor ini.

Sesuai dengan segmentasi bikers yang senang dengan motor sport 150 cc, New CB150R cukup mewakili karakter generasi muda dengan bodi yang ramping dan performa mesin mumpuni. Termasuk masih terjangkau dengan harga Rp 24 juta (OTR Jakarta).

Kesimpulan Penilaian Tim ME

Desain: 8,5 Poin | Fitur dan Teknologi: 8 Poin | Handling dan Performa : 8,5 Poin |  Value (harga vs fitur-fitur) : 8 Poin

Note: Poin penilaian 1 sampai 10, semakin tinggi poin tentu semakin sempurna

 

Text: Ismet(ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Acip ST (acip@motorexpertz.com),
Photo: Rizen
  495 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (50)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !