Beda Motor, Beda Juga Pelumas yang Loe Masukin
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-TIPS
18
Nov
2015

Beda Motor, Beda Juga Pelumas yang Loe Masukin

  9624   0
penggantian oli pada motor
penggantian oli pada motor

JAKARTA, ME. Fungsi oli mesin emang sama, sama-sama melumasi bagian dalam mesin. Tapi gak semua mesin bisa pakai oli yang sama, bradsis. Banyaknya varian oli jangan sampai membuat loe bingung untuk memilihnya. Pilih yang sesuai dengan tipe motor loe, manual atau otomatis. Jangan sampai salah pelumas..

Shofwatuzzaki, selaku Lubricants Technical Advisor Shell Indonesia, menjelaskan motor skutik dan maual letak koplingnya berbeda. "Dalam penggunaanya, oli juga dibuat berbeda ada yang untuk transmisi manual dan otomatis," jelas pria yang biasa disapa Zaki.

Jika brader n sista salah dalam menggunakan oli, ada beberapa efek samping yang akan terjadi sama motor loe, di antaranya slip kopling dan tarikan motor tidak akan maksimal. Pasalnya, kandungan dari oli motor dibuat berbeda-beda sesuai kebutuhan dari motor tersebut, bradsis.

Zaki juga memberikan contoh, oli mesin terbaru dari shell memiliki zat aditif antioksidan yang bisa membersihkan kerak dan menjaga viskositas agar pelumas selalu dalam kondisi baik dalam melindungi mesin, sehingga Shell Advance AX 5 15W40 Scooter memang diciptakan untuk mesin skuter, dan bisa memenuhi kebutuhan para pemilik motor skuter.

Jadi, jangan coba-coba pakai oli mesin skutik untuk motor manual, begitu pula sebaliknya, bradsis..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  190 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !