Impresi ME, Moto Guzzi V7 II Racer: Ganteng Sih, Tapi Sayang Egois
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
FIRST RIDE
19
Nov
2015

Impresi ME, Moto Guzzi V7 II Racer: Ganteng Sih, Tapi Sayang Egois

  7361   0
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer
Moto Guzzi V7 II Racer

JAKARTA, ME. Kalo sebelumnya tim ME udah mencicipi Varian Moto Guzzi V7 II Stone, kali ini tim ME mau ngasih tau gimana rasanya naik motor edisi spesial dari varian V7 II Racer, bradsis. Penasaran kan?
 
Moto Guzzi V7 II Racer ini dibilang spesial karena cuma diproduksi sebanyak 1000 unit untuk seluruh dunia. Makanya jadi spesial, kebetulan pada tanggal 9-15 November 2015, PT Piaggio Indonesia (PID) ngasih kesempatan untuk test ride Moto Guzzi yang berlokasi di area Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.
 
Hal yang pertama kali akan terbesit ketika tim ME ngelihat Moto Guzzi V7 II Racer ini cuma satu kata. Ganteng! Punya tampang klasik, motor ini hadir dengan model cafe racer yang seakan membawa kita kembali ke tahun 1960-an, bradsis. Wah, motor balap khas Inggris banget nih..
 
Tapi walaupun mengambil tema cafe racer yang kesannya jadul, fitur-fiturnya modern banget lho. Tangki yang berlapis krom, lampu depan yang diberi visor berlabel angka 7, pelek jari-jari makin menegaskan bahwa ini emang motor sport klasik.
 
Tapi yang namanya cafe racer belum sah kalo nggak pakai buntut tawonnya, bradsis. V7 II Racer ini juga pakai, jadi makin egois buat riding sendirian deh. Udahan deh ya ngomongin tampilannya, abisnya keren banget, jadi lupa deh untuk bahas spek lainnya.
 
Tim ME yang memiliki postur badan 172cm dengan bobot 76kg siap untuk nunggangin motor ini. Begitu duduk, plek! Beuuhhh, jok yang berlapis kulit ini rasanya nyaman banget, bradsis. Posisi duduk yang sedikit lebih pendek dari V7 II Stone juga enak, karena masih bisa napak dengan sigap untuk menahan bobot motor.
 
Bunyi mesinnya emang terdengar sedikit kasar, bradsis. Tapi meskipun begitu, gak mempengaruhi performa dari motor ini. Dengar bunyi mesinnya aja udah ngerasa pengen cepet-cepet ngegas aja, hehehe..
 
V7 II Racer ini punya speedometer dan fitur tombol yang sama dengan Moto Guzzi V7 II Stone. Mesin yang digunakan juga sama dengan V7 II Stone yang memiliki kubikasi mesin sebesar 744cc, cuma beda bajunya aja, bradsis. Begitu melihat segitiga di bagian stang, tim ME merasa sangat beruntung bisa menduduki motor urutan ke-441 dari total 1000 unit.
 
Hal tersebut bisa terlihat dengan adanya plat di segitiga yang dekat dengan kunci kontak. Dengan anggun, V7 II Racer ini perlahan meninggalkan area mall untuk segera "disiksa" mesinnya. Ketika masuk gigi 1, rasanya nggak mau pelan, bawaannya mau gaspooooll sampe abis, bradsis, hehehe..
 
Mesinnya juga dibekali dengan fitur Moto Guzzi Traction Control. Step 1 untuk tenaga yang biasa, tapi ketika loe masuk ke step 2 dan 3, tenaganya makin beringas untuk dibejek. Untuk menopang tenaga mesin yang buas, pastinya Moto Guzzi udah memikirkan bagian pengeremannya. V7 II Racer ini dilengkapi dengan sistem pengereman Dual Channel Continental ABS.
 
Ketika diajak menikung, getaran yang disalurkan oleh gardan belakang memang sangat terasa, bradsis. Buat loe yang belum terbiasa mesti agak hati-hati nih saat menikung. Karena ciri khas dari motor yang berpenggerak belakang gardan pasti seperti itu. 
 
Suspensi yang diberikan kepada V7 II Racer ini juga asyik banget buat diajak meredam guncangan dari kontur jalanan yang berlubang maupun jalanan aspal. Dengan bobot 76kg, tim ME merasa suspensi yang diberikan cukup nyaman.
 
Setelah sekitar 40 menit berkendara di area komplek, akhirnya tim ME mencoba untuk menerjang kerasnya kemacetan pada hari Sabtu (14/11) di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan. Di sini mulai terasa sedikit kelelahan ketika mengendarai motor keren ini.
 
Bentuk stang jepit yang merupakan ciri khas dari cafe racer ini membuat loe lebih cepat merasa lelah untuk posisi ridingnya, apalagi ketika loe dihadapkan dengan kemacetan di kota besar seperti Jakarta. Tapi untuk riding santai, motor ini cocok banget buat dipakai berkendara. Makanya, sebisa mungkin hindari atau pilih waktu berkendara yang leluasa, bradsis. 
 
Sesuai dengan motornya yang spesial, Moto Guzzi V7 II Racer ini juga punya harga yang spesial dan pastinya berbeda dari varian V7 II Stone lho. V7 II Racer ini dibanderol sekitar Rp 419 Jutaan (Off The Road). Lebih mahal Rp.62 Juta dari seri V7 II Stone.
 
Walaupun begitu, salah satu motor legendaris asal Italia ini tetap layak jadi koleksi atau motor berkendara di saat weekend. Setelah melalui pengetesan, tim ME sepakat untuk memberikan penilaian kepada Moto Guzzi V7 II Racer ini.
 
Kekurangan :
- Harga lebih mahal, speedometer sama dengan V7 II Stone.
- Hanya untuk konsumsi berkendara sendiri.
- Kurang cocok untuk riding lama.
 
Kelebihan :
- Mewah dan Elegan.
- Terdapat plakat nomor produksi pada bagian segitiga dekat kunci kontak.
 
 
Data Spesifikasi Moto Guzzi V7 II Racer.

Engine : 90° V-twin, 4-stroke engine 
Engine capacity : 744 cc
Bore x stroke : 80 x 74 mm
MAX power : 35 kW (48HP) at 6,200 rpm (can be ridden with A2 class driving license)
MAX Torque : 60 Nm at 2,800 rpm
Gearbox : 6 speed
Front suspension : telescopic hydraulic fork with 40 mm stanchions
Rear suspension : die cast lightweight alloy swingarm with 2 ultra adjustable Bitubo shock absorbers V7 II RACER
Front brake : 320 mm Ø stainless steel disc and Brembo calliper with 4 differentiated and horizontally opposed pistons
Rear brake : 260 mm stainless steel disc, floating 2 piston calliper
Front wheel : 18? in black anodised aluminium, spoked, 100/90 V7 II RACER
Rear wheel : 17? in black anodised aluminium, spoked, 130/80 V7 II RACER
Saddle height : 790 mm
Kerb weight* : 190 kg V7 II RACER
Fuel tank capacity : 22 litres (including 4 litre reserve)

Text: Rizen (rizenp@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Ridian
  253 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !