EICMA 2015: Kapasitas Mesin Naik, Van-Van Masuk Line Up Suzuki Untuk 2016
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
19
Nov
2015

EICMA 2015: Kapasitas Mesin Naik, Van-Van Masuk Line Up Suzuki Untuk 2016

  8415   0
Suzuki RV 200, Jelmaan dari Van-Van 125 yang tampil di EICMA 2015
Suzuki RV 200, Jelmaan dari Van-Van 125 yang tampil di EICMA 2015
Suzuki RV 200, Jelmaan dari Van-Van 125 yang tampil di EICMA 2015
Suzuki RV 200, Jelmaan dari Van-Van 125 yang tampil di EICMA 2015
Suzuki RV 200, Jelmaan dari Van-Van 125 yang tampil di EICMA 2015
Suzuki RV 200, Jelmaan dari Van-Van 125 yang tampil di EICMA 2015

MILAN, ME. Suzuki masih punya senjata lain untuk bikin pengunjung EICMA 2015 di Milan, Italia, terkesima. Di ajang ini, Suzuki memperkenalkan RV200 atau dulu biasa dikenal dengan sebutan Suzuki Van-Van. Ada yang berubah dari motor yang kabarnya bakal dilempar ke pasaran tahun 2016 nanti, bradsis..
 
Dikutip dari laman MCN, Suzuki Van-Van ini lahir dengan mesin yang lebih besar dari edisi sebelumnya. Pecinta motor dari Suzuki pasti tahu deh sama motor yang dulunya punya ukuran mini ini. Van-Van ini dulunya memiliki mesin yang kecil lho, mulai dari 50cc, 75cc, 90cc, dan terakhir 125cc.
 
Tapi di tahun depan, motor mini ini bakal dibekali dengan mesin yang lebih besar, yakni 200cc. Untuk mesinnya sendiri, Van-Van menggendong mesin 4-tak satu silinder dengan sistem pendingin udara yang nantinya bisa menghasilkan tenaga hingga 16hp pada 8.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 15Nm pada 6.500 rpm, bradsis.
 
Kalo bicara soal masa lalunya nih, Suzuki Van-Van seri terdahulu emang jadi pesaing untuk Honda Monkey pada tahun 1970-an. Tapi beda urusannya sama sekarang, motor ini sekarang udah nggak jadul lagi kok. Buktinya, mesinnya jadi lebih besar kan, hehe..
 
Emisi gas buang juga udah lulus emisi Euro4, tapi sistem pengereman di sektor belakang rasanya harus diperbaiki nih, bradsis. Pasalnya, Van-Van ini masih menggunakan tromol untuk pengeremannya. Sekarang sih masih belum jadi masalah, tapi ketika mulai 1 Januari 2016, regulasi di Eropa mengharuskan seluruh kendaraan yang dijual sudah lulus uji emisi Euro4 dan sistem pengereman yang sudah harus mengaplikasikan ABS di setiap kendaraannya. 
 
Ukuran motor ini masih sama dengan Van-Van 125 sebelumnya. Mulai dari pelek, ban, dan dimensi, pokoknya sama banget. Cuma mesinnya aja deh yang beda. Untuk harganya, pihak Suzuki masih enggan berkomentar tentang harga jual dari RV200 ini, bradsis..
 
Kalo masuk ke Indonesia, kayaknya sih motor ini bisa laku keras nih. Apalagi bannya yang gede cocok banget buat melibas jalanan dengan kontur jalan yang kurang mulus..
 
Data Spesifikasi Suzuki RV200:
Engine : Single cylinder, 4-stroke, air-cooled, single overhead distribution overhead cam
Capacity : 199 cm3
Bore x stroke : 66 x 58.2 mm
Compression ratio : 9.4: 1
Ignition : Electronics
Power : injection
Lubrication : Wet sump
Transmission : 5-speed constant mesh
Final Drive : Chain
Front suspension : 33 mm telescopic fork, 130 mm travel
Rear suspension : swingarm and monoshock absorber, 130 mm travel
Caster angle : 26 °
Hunting the wheel : 91 mm
Front brake : brake disc, twin piston caliper
Rear brake : drum
Front tire : 130 / 80-18M / C 66P
Rear tire : 180 / 80-14M / C 78p
Length : 2140 mm
Width : 865 mm
Height : 1125 mm
Wheelbase : 1385 mm
Ground clearance : 220 mm
Seat height : 770 mm
Weight : 128 kg
Tank : 6.5 liters

Text: Rizen (rizenp@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: MCN
  196 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !