Girboks Seamless, Obat Akselerasi Buat GSX-RR
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
17
Des
2015

Girboks Seamless, Obat Akselerasi Buat GSX-RR

  7170   0
Girboks Seamless, Obat Akselerasi Buat GSX-RR
Girboks Seamless, Obat Akselerasi Buat GSX-RR

JEPANG, ME. Di musim 2015, para pembalap Suzuki selalu mengeluh tentang akselerasi motor mereka yang masih kalah dibanding kompetitor. Tapi dengan adanya girboks seamless, bisa dibilang ini jadi solusi untuk kelemahan mereka, bradsis..
 
Girboks seamless jadi teknologi mutakhir pada mesin MotoGP yang sekarang ini semua pabrikan udah mengaplikasikannya. Bahkan, Aprilia yang sama-sama baru turun di musim 2015 udah lebih dulu menggunakan girboks seamless dibanding Suzuki.
 
Tapi baru Maverick Vinales doang yang ngetes girboks seamless ini di sirkuit Sepang, Malaysia, pada November lalu. Aleix Espargaro terhalang karena cedera, tapi menurutnya GSX-RR bakal jadi motor yang sepenuhnya berbeda untuk musim depan nanti. Selain girboks seamless, GSX-RR juga kabarnya bakal dapat sasis dan mesin baru.
 
"Besar perbedaannya. Setiap naik gigi, girboks normal akan memotong power mesin. Tapi dengan seamless tidak, setiap naik gigi mungkin Anda akan mendapat 2 meter, dan sangat mudah dikendarai! Ini seperti PlayStation, seperti otomatis. Luar biasa," ungkap Nobuatsu Aoki, test rider Suzuki.
 
"Untuk membuat satu lap cepat mungkin tidak ada perubahan, tapi ketika ban belakang gripnya mulai drop dan mulai bergerak-gerak saat mengerem, menurunkan gigi dengan seamless membuat ban belakang jadi lebih stabil," sambungnya.
 
Aoki yang bisa dibilang seangkatan dengan Valentino Rossi ini juga ngalamin era motor 2-tak dengan teknologi elektronik yang belum terlalu canggih, hingga era MotoGP seperti sekarang ini. Menurutnya, setelah kontrol traksi, girboks seamless adalah terobosan terbesar dalam dunia permotoran ini, bradsis.
 
"Saya akan bilang dalam sejarah motor, ini adalah langkah yang besar. Kontrol traksi adalah langkah yang besar, lalu ini berikutnya. Saya yakin para pembalap Suzuki akan suka dengan motor baru ini," tuntasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  173 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !