Impresi ME, Honda CB500F: Pas Buat yang Mau Naik Tahta, Nyaman Dibawa di Kota
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
FIRST RIDE
04
Jan
2016

Impresi ME, Honda CB500F: Pas Buat yang Mau Naik Tahta, Nyaman Dibawa di Kota

  14593   0
Test ride CB 500 F
Test ride CB 500 F
Test ride CB 500 F
Test ride CB 500 F
Test ride CB 500 F
Test ride CB 500 F
Test ride CB 500 F
Test ride CB 500 F

JAKARTA, ME. Kehadiran Honda Big Bike di Indonesia berhasil mewarnai line up produk pabrikan motor berlogo sayap ini, bradsis. Buat loe yang mau naik level pakai moge, tim ME rekomendasiin banget nih Honda CB500F. Pas buat pemula dan mumpuni buat diajak jalan-jalan jauh atau di perkotaan..

Dari 6 model Honda Big Bike, salah satu motor yang hadir pertama ke kantor redaksi MotorExpertz.com, adalah Honda CB500F berwarna hitam putih, bradsis. Masih dengan test rider yang memiliki postur badan 178/53, motor ini langsung dibawa dengan santai ke lokasi test di sekitar Tangerang.

Sebelum memulai, test rider ME sedikit mengamati desain motor Honda CB500F ini terlihat kalem, namun bodi pada sayap di tangki yang membuat motor ini memiliki otot, bradsis.

Duduk di atas jok dengan model double seater, jok depan memiliki bidang lebar, sehingga nyaman untuk posisi duduk saat berkendara. Didukung lagi dengan posisi footstep underbone yang cukup nyaman.

Dimulai dengan menyalakan kontak kunci, CB500F udah dilengkapi dengan keamanan kunci Honda Ignition Security System (HISS). Speedometer juga udah full digital dan menawarkan informasi yang cukup lengkap, seperti kapasitas bensin, kecepatan motor, putaran mesin, trip meter dan jam.

Pertama mesin menyala, suara dari knalpot terdengar halus, bradsis. Lanjut tarik kopling yang empuk dan masuk gigi pertama, bunyi perpindahan gigi cukup terdengar keras. Akselerasinya gak main-main, gigi satu aja loe udah bisa geber motor ini hingga 75 km/jam, berlanjut ke gigi 2 dan 3 power pada motor ini terus memuncak.

Model stang yang melebar tidak membuat test rider ME kesulitan dalam urusan handling. Pasalnya, raiser pada segitiga lumayan tinggi, bradsis. Selain itu, ukuran ban depan dan belakang juga sudah lebar dengan ukuran 120/70-17 dan 160/60-17. Motor ini juga memiliki bobot motor 192 kg, jadi cukup mudah untuk diajak selap-selip di kemacetan Jakarta.

Makin nyaman lagi karena Honda ngasih motor ini suspensi yang empuk, apalagi saat berboncengan melibas jalan begelombang. Untuk boncengers ada tapinya nih brad n sist, model jok double seat membuat boncenger kurang nyaman saat pengereman. Pasalnya, posisi duduk boncenger akan merosot ke depan.

Dibandrol Rp 125 juta (OTR Jakarta), motor ini sangat cocok untuk loe yang mau naik tahta dari 250 cc ke cc yang lebih besar. Selain karena motor ini sangat mudah untuk diajak beradaptasi, untuk dipakai harian atau jarak jauh tetap enjoy, bradsis.

Kekurangan CB500F
- Perpindahan gigi pada motor ini terasa kasar dan bunyi yang kurang nyaman. Menurut analisa tim ME, karena tidak tepatnya RPM saat perpindahan gigi.

- Jok double seat terasa kurang nyaman untuk boncengers seperti pembahasan di atas, ada baiknya boncengers memposisikan duduk yang aman dan nyaman, seperti menjepit kedua paha ke rider dan memposisikan tangan di kedua paha, sangat disarankan agar tidak duduk tegak saat membonceng.

Kelebihan CB500F
- Tim ME merekomendasikan CB500F ini buat loe yang doyan touring. Motor ini juga cukup mudah dibawa pada situasi lalu lintas kota Jakarta yang cukup padat.

- Handling motor nggak jauh beda, untuk loe pengguna motor sport Honda berkapasitas 200cc kebawah hanya butuh beradaptasi sebentar untuk mengendalikannya.

- Kipas mesin bekerja baik, hawa panas mesin tidak terasa terlalu panas di kaki.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rizen (Panji)
  351 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !