Warna Biru atau Merah? Kenali Dulu Warna Slip Surat Tilang
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
22
Jan
2016

Warna Biru atau Merah? Kenali Dulu Warna Slip Surat Tilang

  20828   0
Pahami arti warna dari blangko surat tilang.
Pahami arti warna dari blangko surat tilang.

JAKARTA, ME. Masing-masing slip surat tilang punya fungsi yang berbeda, bradsis. Ada yang bilang slip merah itu buat loe yang secara nggak langsung melanggar aturan, ada juga yang bilang kalau slip biru itu untuk kita yang ngakuin kesalahan. Biar pada nggak salah paham, kenali nih arti dari masing-masing warna slip surat tilang..
 
Dikutip dari laman NTMC Polri, informasi penjelasan guna meminimalisir simpang siur mengenai warna blangko pada slip tilang. Diketahui dalam Surat Keputusan Kapolri No Pol: SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998 tentang penggunaan blangko biru yang bisa dilakukan. 
 
Jenis penggunaan blangko Lembar Tilang yang berlaku antara lain:
1. Warna Merah : Untuk pelanggar apabila sang pelanggar ingin mengikuti sidang di Pengadilan Negeri.
2. Warna Biru : Untuk pelanggar apabila pelanggar ingin membayar denda tilang melalui bank yang telah ditunjuk.
3. Warna Kuning : Arsip Kepolisian.
4. Warna Putih : Arsip Kejaksaan.
5. Warna Hijau : Arsip Pengadilan.
 
Jadi gini brad n sist, jika loe kena tilang dan loe meminta blangko berwarna biru, maka loe nggak perlu lagi yang namanya ikut sidang di Pengadilan Negeri. Loe bisa langsung bayar denda tilang tersebut langsung di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Besarnya denda sesuai dengan pasal yang berlaku.
 
Masih bingung juga? Lebih jelasnya begini, misalnya loe lagi enak-enak naik motor, eh apesnya loe kena razia dan loe juga belum punya SIM atau nggak bawa STNK. Karena loe nggak ada SIM dan nggak bawa STNK, terpaksa deh loe kena Pasal 281 JO Pasal 77 ayat (1) dengan denda Rp 1 juta. Dengan loe minta blangko berwarna biru, nantinya loe akan diwajibkan membayar denda tersebut sesuai pasal lewat bank BRI, dan loe nggak perlu ikut sidang lagi ketika loe udah bayar dendanya.
 
Tapi kalo loe minta blangko berwarna Merah, nantinya loe diwajibkan ikut sidang di pengadilan, dengan konsekuensi denda tilang yang ditentukan berdasarkan keputusan Hakim di Pengadilan Negeri yang udah ditunjuk dalam surat tilang, bradsis. 
 
Ingat ya, pemberian warna blangko surat tilang bukan berarti kita melawan atau nggak mengakui kesalahan kita. Tapi warna tersebut emang sudah ada manfaat dan tujuannya.
 
Intinya kalau loe mau berkendara, ya lebih baik loe lengkapin deh semua perlengkapan dan surat-surat buat berkendara. Daripada loe kena tilang, kan ribet urusannya. Selain loe harus ikut sidang, loe juga harus bayar denda tilang, duh mana enak, bradsis..

Text: Rizen (rizenp@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Kompasiana.com
  568 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !