Dua Mesin Honda Gak Ada Kemajuan, Marquez Malah Pake Sasis Lama!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
02
Feb
2016

Dua Mesin Honda Gak Ada Kemajuan, Marquez Malah Pake Sasis Lama!

  11551   0
Dua Mesin Honda Gak Ngefek, Marquez Malah Pake Sasis Lama!
Dua Mesin Honda Gak Ngefek, Marquez Malah Pake Sasis Lama!

SEPANG, ME. Honda gak tanggung-tanggung ngebawa dua mesin Honda RC213V 2016 yang berbeda pada sesi tes pra-musim MotoGP 2016 di Sepang, Malaysia. Sayangnya, Marc Marquez masih kesulitan untuk memilih mana yang lebih baik, bradsis..

Dua mesin ini dibawa Honda dari hasil riset mereka dari dua versi yang berbeda, pertama yang dites di Jerez November 2015 lalu dan di Sepang oleh dua test rider mereka, Hiroshi Aoyama dan Takahashi.

Di Sepang, Senin (01/02), kedua mesin tersebut cuma digeber duo Repsol Honda doang, Dani Pedrosa dan Marc Marquez, bradsis. Keduanya kompak bahwa kedua mesin tersebut enggak ada perbedaan yang mencolok, terlebih lagi kedua mesin tersebut juga diakui belum ada kecocokan dengan software baru.

"Ada beberapa perbedaan antara keduanya, tetapi pada saat yang sama, seperti yang saya katakan, dengan elektronik baru begitu sulit untuk menilainya, melihat beberapa hal pada motor saat di trek dan mendeteksi (masalah) apakah dari mesin atau elektronik," kata Pedrosa.

"Elektroniknya enggak bagus 100%. Jika mengubah sistemnya, maka Anda kehilangan waktu. Jika Anda menaikkan level dayanya, yang kita dapat adalah agresif, banyak gerakan. Kami berusaha untuk menemukan kekompakan terbaik," terang Marquez.

Sesi tes hari kedua, Selasa (hari ini), Pedrosa lebih fokus ke sasis, karena dasar motor terletak di bagian ini, bradsis. Terlebih karena seperti di artikel sebelumnya, Pedrosa ngerasa gak nyaman setiap keluar-masuk tikungan.

Lain halnya dengan Marquez. Ternyata juara dunia MotoGP 2013 dan 2014, ini justru enggak ngerubah sasis Honda RC213V model 2014 pada motornya. Jadi Marquez nyoba bereksprimen dengan mesin RCV 2016 dengan sasis lamanya itu.

"Hari ini (Senin 01/02) sama, seperti dulu pada akhir tahun lalu. Motor yang sama, hanya mesin yang berbeda," ucap Marquez saat disinggung penggunaan sasis pada motornya. Ketika ditanya lebih perjelas, Marquez cuma jawab singkat, "Iya."

Sementara hasil tes di hari pertama, Pedrosa berhasil nempatin posisi ketiga dengan catatan waku 2 menit 01.780 detik. Sedangkan Marquez, pembalap berusia 22 tahun hanya berhasil urutan tujuh dengan best time 2 menit 02.278 detik.

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Repsol Honda Team
  347 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !