Mau Lebih Realistis? Harusnya Balik Lagi ke Era Keemasan Stoner
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
03
Feb
2016

Mau Lebih Realistis? Harusnya Balik Lagi ke Era Keemasan Stoner

  10926   0
Mau Lebih Realistis? Harusnya Balik Lagi ke Era Keemasan Stoner
Mau Lebih Realistis? Harusnya Balik Lagi ke Era Keemasan Stoner

SEPANG, ME. Pake Desmosedici GP15 untuk sesi tes pra musim, membuat Casey Stoner jadi merasa tambah pede buat ngembangin ECU terbaru yang akan dipasok langsung sama Magneti Marelli buat musim ini, bradsis. Stoner merasa kalo sistem ECU tunggal tersebut, udah lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, gak cuma Ducati aja yang lagi ngembangin, bradsis. Dua raksasa pabrikan asal Jepang, Yamaha dan Honda juga sama-sama lagi ngembangin ECU dengan para teknisi Magneti Marelli. Hal tersebut tentu punya tujuan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan serta tentunya agar para tim lebih sejajar sehingga bisa berpeluang untuk mendapatkan podium.

Nah, di sela-sela sesi tes pra musim, Stoner juga komentar soal ECU nih, bradsis. Buat doi, ECU yang dipake di tahun kemarin masih terlalu canggih. Jadi, jika ingin seluruh tim setara dengan tim yang sering naik podium, maka teknologi yang disematkan di masing-masing pabrikan tentu harus dilepas di musim ini.

“Menurut pendapat saya, (ECU) masih sangat canggih. Jadi, mereka (Dorna) akan mengganti seluruh teknologi yang ada, hingga gelaran ini menjadi lebih realistis seperti tahun-tahun terdahulu. Jika ingin melakukan hal itu, sepertinya harus kembali di tahun 2006-2007, ketika pengaruh perangkat elektronik belum seperti saat ini,” ujar Stoner.

Stoner juga menambahkan kalo para tim belum mencapai potensi yang diinginkannya, bradsis. Sehingga masih perlu mempelajari program dan sistem. Tapi, di samping itu semua, Stoner juga yakin kalo masih ada jalan serta cara untuk mengatur semuanya, dan juga akan meningkatkannya lebih lanjut.

“Sejujurnya, dari apa yang saya dapatkan, tidak ada perbedaan yang besar. Anda dapat merasakannya sedikit dari apa yang diharapkan. Tetapi mereka cukup baik. Tentu saja itu hal yang positif dalam berbagai cara. Tapi, di lain cara, saya kecewa jika ini malah bisa melemahkan dan sedikit rumit,” tutupnya.

Text: Reza (reza@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Crash.net
  323 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !