Akhirnya Michelin Angkat Bicara Atas Insiden Loris Baz
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
MOTOGP
03
Feb
2016

Akhirnya Michelin Angkat Bicara Atas Insiden Loris Baz

  15993   0
Akhirnya Michelin Angkat Bicara Atas Insiden Loris Baz.
Akhirnya Michelin Angkat Bicara Atas Insiden Loris Baz.

SEPANG, ME. Direktur Teknis Michelin, Nicolas Goubert, akhirnya memberikan jawaban atas insiden meledaknya ban belakang dari motor milik Loris Baz kemarin (2/2). Dia menjelaskan bahwa tim Avintia Racing memiliki indikasi tidak menaati prosedur yang dijalankan oleh Michelin..
 
Goubert yang menganalisa ban dari motor Loris Baz akhirnya berkomentar, "Ban Loris Baz hancur. Ban tersebut sekarang sedang dibawa ke Clermont-Ferrand di Perancis untuk diteliti. Sekarang kami sudah bisa menyimpulkan apakah Avintia menggunakan tekanan yang rendah atau tidak sudah kita dapatkan jawabannya."
 
Berbanding terbalik dengan tim Avintia yang sepenuhnya menyalahkan ban dari Michelin yang dianggap punya karakter yang buruk. Goubert langsung membantah tudingan tersebut. "Saya tidak menyalahkan Avintia. Secara teoritis memang ada indikasi tekanan yang digunakan oleh tim hanya 1,45 bar. Apabila tekanan ban punya selisih hanya 0,05 bar itu jelas sudah membuat perbedaan yang sangat besar," jelasnya membantah tuduhan yang dilontarkan kepada Michelin.
 
Goubert saat ini sedang meminta kepada IRTA dan pihak Dorna untuk membuat aturan tentang penggunaan tekanan angin pada ban MotoGP, bradsis. Goubert juga mengatakan kalau saat ini dirinya tidak dapat menyalahkan siapapun, karena tim yang berlaga di MotoGP tidak memiliki sensor untuk tekanan ban.
 
"Rekomendasi kami 1,5 bar berlaku untuk semua pebalap. Bukti nyata adalah Petrucci dan Hernandez yang tidak mengalami masalah sama sekali dan Petrucci keluar sebagai yang tercepat di hari kedua. Mereka menggunakan lebih dari 1,5 bar tekanan pada bannya. Beban dari pengendara akan menitikberatkan beban pada ban belakang, dan itu dapat membuat perbedaan yang sangat besar," pungkasnya.
 
Goubert juga yakin ban Michelin sebenarnya tidak bermasalah sama sekali jika dipakai sesuai aturan. "Saya cukup percaya diri, karena orang-orang teknis di Zweiradsport selalu menempatkan keselamatan pembalap. Tapi ini akan kami jadikan pelajaran, kami akan coba jelaskan kepada semua tim, sehingga tidak akan terjadi lagi insiden serupa," tutup Goubert.
 
Goubert yang menjelaskan hal tersebut ternyata masih punya PR besar untuk menghadapi Aleix Espargaro yang merasa marah kepadanya. Pembalap Suzuki tersebut sempat mengeluh dan melontarkan kata-kata bahwa Michelin bekerja sangat buruk. Nantinya, Goubert akan mendatangi Aleix dan meyakinkan pada Aleix bahwa insiden tersebut punya alasan yang logis dan masuk akal..

Text: Rizen (rizenp@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Speedweek.com
  366 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !