Jangan Asal Cek Busi Pada Motor PGM-FI, atau Motor Loe Terbakar!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
01
Mar
2016

Jangan Asal Cek Busi Pada Motor PGM-FI, atau Motor Loe Terbakar!

  24421   0
Ilustrasi cek busi pada teknologi PGM-FI
Ilustrasi cek busi pada teknologi PGM-FI

JAKARTA, ME. Di motor lawas yang belum menggunakan teknologi injeksi, brader n sista dapat melakukan pengecekan busi tanpa harus menutup lobang busi. Namun di motor Honda yang udah berteknologi PGM-FI, ternyata dilarang keras, bahkan bisa menyebabkan kebakaran..

Sistem kerja di motor lawas emang berbeda dengan motor terkini, bradsis. Di teknologi terbaru Honda PGM-FI, sistem kerja mesin dikontrol oleh Electronic Control Module (ECM) atau juga biasa dikenal dengan Electronic Control Unit (ECU).

Seperti yang dijelaskan oleh Mukti, Technical Training Instruktur PT Wahana Makmur Sejati (WMS), motor yang udah menggunakan teknologi PGM-FI dilarang melakukan pengecekan busi, karena fatal akibatnya.

Fuel pump udah mulai bekerja saat kunci kontak dinyalakan. Untuk cek api busi, brader n sista harus selah atau starter motor, otomatis busi akan mengalir ke tempat pembakaran. Jika lobang busi terbuka, bensin akan keluar dari lubang busi, dan di sinilah bahayanya.

"Percikan api busi akan bertemu oleh bensin, lebih disarankan lubang busi ditutup terlebih dulu oleh busi cadangan," tutup Mukti dalam obrolan santainya.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  567 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !