Jangan Disamain, Ritual Abis Bensin di Motor Injeksi Honda Beda Sama Motor Lama
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
KNOWLEDGE
02
Mar
2016

Jangan Disamain, Ritual Abis Bensin di Motor Injeksi Honda Beda Sama Motor Lama

  7751   0
Ilustrasi habis bensin pada teknologi PGM-FI
Ilustrasi habis bensin pada teknologi PGM-FI

JAKARTA, ME. Motor Honda yang udah berteknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) memiliki sistem kerja yang diatur oleh Electronic Control Module (ECM). Saat motor beteknologi PGM-FI ini kehabisan bensin, ada ritual beda yang harus loe lakukan untuk menghidupkan kembali motor tersebut, bradsis..

ECM juga berperan menghidupkan fuel pump yang mampu menyuplai bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injector. Jika kehabisan bensin dan brad n sist mengisi kembali bensin ke dalam tangki bensin, ritual yang biasanya dilakukan pada motor dengan sistem pembakaran yang masih memakai karburator adalah menyelahnya dengan starter kaki selama beberapa kali, dengan kondisi kontak dalam posisi off.

Namun dengan teknologi PGM-FI, brader n sista sudah gak perlu repot-repot lagi melakukan hal serupa. "Pastinya harus isi bensin, setelah itu cukup on off-kan kontak sebanyak 3 kali. Tujuannya adalah untuk memompa bensin yang ada di dalam tangki," jelas Mukti, Technical Training Instruktur PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Usai melakukan ritual tersebut, motor pastinya langsung bisa ngacir lagi tanpa brebet-brebet, bradsis. Nggak repot, kan?!

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  211 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !