Honda RC213V Benar-benar Klik Sama ECU Baru!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
08
Mar
2016

Honda RC213V Benar-benar Klik Sama ECU Baru!

  6954   0
Honda RC213V Benar-Benar Klik Sama Elektronik Baru!
Honda RC213V Benar-Benar Klik Sama Elektronik Baru!

LOSAIL, ME. Dibanding dua sesi tes pra-musim MotoGP 2016 sebelumnya, akhirnya untuk pertama kalinya Marc Marquez bisa ngerasain perangkat elektronik Magneti Marelli bisa diajak kompromi pada Honda RC213V di sirkuit Losail, Qatar, bradsis..

Di Losail, ECU ini mampu bekerja secara efektif pada RC213V dan hal tersebut ngasih angin surga buat Honda. Terutama di kubu tim Marquez, akhirnya bisa mengeksplorasi kemampuan motor dengan berbagai set-up, bradsis.

Dibanding di Sepang, sistem perangkat lunak ini sama sekali gak bisa membantu Honda, bradsis. Padahal Marquez ngakuin sendiri, di Malaysia doi fokus banget di satu sektor tersebut.

Saat test kedua di Philip Island, Honda sedikit mulai membaik dan akhirnya pengembangan ECU selama tes pra-musim terbayar lunas di Losail, meskipun secara teknis Marquez bilang belum cukup sempurna, bradsis.

“Masalahnya adalah ketika kita di Malaysia, kita hanya berjuang dengan elektronik dan kami hanya berkonsentrasi pada bagian itu selama tiga hari,” ucap pembalap berjuluk The Baby Alien itu.

Masih ujarnya, “Lalu di Philip Island, sirkuit yang khusus, berangsur membaik atau kurang baik, dan di sini (Losail) adalah sirkuit pertama dengan percobaan elektronik yang bekerja lebih baik dan kita langsung coba fokus pada set-up motor.”

Sekarang Marquez udah mulai sedikit bisa senyum sumringah, bradsis. Tapi patut diingat, ada beberapa yang mesti ditingkatin Marquez pada motornya, terutama soal akselerasi yang kurang aduhai dibanding sang rival, Jorge Lorenzo dengan YZR-M1-nya.

“Ketika saya mengikuti Jorge, saya bekerja keras dan kita tahu di mana letak masalah utamanya; di akselerasi. Tapi masalahnya adalah ketika kami membalap di belakangnya, motor sangat berbeda dibanding saat terakhir saya membalap, itu ketika feeling saya lebih baik,” ujar Marquez.

“Saya bisa mengikutinya tetapi kita tahu bahwa di belakang seseorang selalu lebih mudah. Saya senang, tapi tidak begitu bahagia karena itu bukan yang terbaik. Kami kemudian mengubah set-up lagi. Ketika melakukan single race, saya mengerti lebih banyak hal dan pada saat itulah saya mulai senyum merasa makin oke,” tandasnya.

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Motogp.com
  173 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !