Gak Dengerin Nasihat Teknisi Michelin, Lorenzo Malah Juara
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
21
Mar
2016

Gak Dengerin Nasihat Teknisi Michelin, Lorenzo Malah Juara

  4124   0
Gak Dengerin Nasihat Teknisi Michelin, Lorenzo Malah Juara
Gak Dengerin Nasihat Teknisi Michelin, Lorenzo Malah Juara

QATAR, ME. Kemenangan Jorge Lorenzo selain karena kehebatannya, tapi faktor keberuntungan lebih berperan besar, bradsis. Pasalnya, Lorenzo gak dengerin nasihat dari teknisi Michelin yang membantunya. Lorenzo memilih sendiri ban untuk balapan, tapi malah ini membawanya ke kemenangan..
 
Bahkan, Lorenzo mengganti bannya di menit-menit akhir jelang balapan dimulai. Dari yang awalnya menggunakan ban belakang tipe medium, Lorenzo menggantinya dengan tipe soft. Padahal menurut teknisi Michelin-nya, ban dengan tipe medium akan lebih aman, bradsis.
 
"Fakta bahwa saya tidak terlalu cepat di sesi warm-up, memiliki banyak masalah mempertahankan performa, melihat Marc (Marquez) yang menggunakan ban tipe soft dan bisa lebih kencang dan kencang lagi, membuat saya bertanya-tanya, ban mana yang harus saya pilih," ujar Lorenzo.
 
"Akhirnya, saya memutuskan untuk memakai tipe soft dan biasanya ban tipe soft akan lebih buruk di akhir balapan, tapi ini malah kebalikannya, semakin baik dan lebih baik lagi. Di awal balapan memang saya merasakan sliding cukup sering, tapi menakjubkan sekali apa yang terjadi pada beberapa lap terakhir," sambungnya.
 
Teknisi Michelin yang ada di kubu Lorenzo udah bilang bahwa dengan ban tipe soft, motor bakal gak stabil karena lebih sering sliding. Tapi soal performa, antara medium dengan soft kurang lebih akan sama. Lorenzo juga paham Ducati lebih kencang di trek lurus, maka itu ada strategi khusus untuk melawan Andrea Dovizioso, bradsis.
 
"Di awal balapan, kecepatannya tidak begitu tinggi dan sepertinya di beberapa tikungan juga menurun. Jadi, saya bisa mengejar beberapa meter di tikungan-tikungan tersebut. Saya memutuskan untuk menyalip Dovi di pertengahan trek di sektor terakhir untuk menghindari dia overtake saya di trek lurus, dan inilah kuncinya," pungkas Lorenzo.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: yamahamotogp.com
  86 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !