Inovasi Honda, Kembangkan Kopling Ganda Motor Sport
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-REVIEW
28
Mar
2016

Inovasi Honda, Kembangkan Kopling Ganda Motor Sport

  18995   0
Honda kembangkan kopling ganda untuk motor sport
Honda kembangkan kopling ganda untuk motor sport

TOKYO, ME. Honda terus mengembangkan inovasi untuk teknologi yang dimilikinya, bradsis. Seperti dikutip dari Visordown, Kosaku Takahashi selaku salah seorang insinyur Honda membocorkan tentang pengembangan girboks Dual Clutch Transmission (DCT) untuk motor produksi massal mereka..

Teknologi ini bisa disebut juga transmisi kopling ganda yang nanti dikabarkan akan digunakan pada motor sport Honda. Untuk sementara, teknologi DCT sudah diaplikasi pada beberapa line up Honda seperti Africa Twin, VFR1200F atau NC750X.

Tantangan bagi Honda yaitu soal bobot jika dipasangkan pada motor sport Honda lainnya, seperti Honda CBR600RR. Karena DCT menggunakan dua kopling, otomatis sistem kinerja juga lebih berat dibandingkan transmisi manual biasa.

Pihak Honda mengklaim bahwa transmisi manual biasa dengan DCT telah melakukan riset. Hasilnya, DCT membuat kerja transmisi lebih cepat dibanding manual biasa. Ini lantaran kerja transmisi lebih mulus dan nyaris nggak kehilangan daya atau tenaga saat melakukan pergantian transmisi.

Contohnya pada NC750X dan Africa Twin yang keduanya lebih berat 10 kg. "Tapi kami terus berinovasi dan mencari solusi untuk mengatasi masalah itu," pungkas Takahashi.

Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  385 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !