Wawan Tembonk Juara di Thailand, Yamaha R3 Racikan Indonesia Jadi Tambah Beken
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-UPDATE
04
Apr
2016

Wawan Tembonk Juara di Thailand, Yamaha R3 Racikan Indonesia Jadi Tambah Beken

  14556   0
Wawan Tembonk juarai Motor Show Stunt Grand Prix 2016
Wawan Tembonk juarai Motor Show Stunt Grand Prix 2016
Wawan Tembonk
Wawan Tembonk

BANGKOK, ME. Freestyler Indonesia Wawan Tembonk berhasil harumkan nama Indonesia di ajang Motor Show Stunt Grand Prix 2016. Event ini berlangsung bertepatan dengan ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2016 akhir pekan lalu. Istimewanya, Wawan menjuarai ajang tersebut dengan menggunakan Yamaha R3 racikan Yamaha Indonesia.

R3 hasil produksi Yamaha Indonesia ini merupakan produk global dan sudah diekspor ke berbagai negara termasuk Thailand. Wawan memenangi kelas Rolling Stoppie (open) dan Big Bike Pro Stunt (250cc-600cc). Kemenangannya itu membuat penasaran freestyler peserta kompetisi itu dan juga para penonton.

"Mereka ingin tahu banyak, jadi saya sempat memberikan coaching clinic. Ketertarikan mereka awalnya karena saya orang Indonesia dan pakai motor buatan Indonesia. Tanya-tanya konsultasi R3 saya set up seperti apa, kelebihan motor itu apa, juga motor sport Yamaha Indonesia lainnya yang 150cc dan 250cc bagaimana. Mereka mau undang saya lagi untuk memberikan coaching clinic," cerita Wawan yang asli Salatiga, Jawa Tengah.

”Dengan engine standar, tidak merubah konstruksi dari pabrikan dan hanya mengganti penunjang sparepart, mereka jadi penasaran dengan R3 yang saya gunakan. Saya pun sebenarnya cukup 'shock' karena sebelumnya lebih terbiasa dengan motor 250cc tapi ternyata R3 motornya enak, tenaga besar dan tidak perlu setting rpm tinggi, akselerasi responsif,” beber pria kelahiran 1 Juli 1989 itu.

Cukup 3 jam buat Wawan dan timnya untuk set up R3 dan hanya latihan sedikit di lokasi kejuaraan di Bangkok karena waktu yang mepet sebelum kompetisi berlangsung. Skill luar biasanya sangat membantu kemenangan Wawan kendati menggunakan motor standar, ketimbang peserta lainnya yang lebih banyak memodifikasi motornya. Dengan partisipasinya di Bangkok itu, Wawan mendapatkan pengalaman berharga karena baru pertama kali ikut kompetisi taraf internasional di area indoor.

Yamaha Indonesia sendiri sudah mengekspor YZF-R3 ke Thailand sejak satu setengah tahun terakhir. Sudah lebih dari 5 ribu unit YZF-R3 yang diekspor ke sana sejak pertama kali diekspor ke sana sejak November 2014 hingga April 2016. Jadi, rata-rata ada lebih dari 300 unit motor itu yang diekspor ke Thailand per bulannya.

”Selamat untuk Wawan Tembong, terimakasih kami ucapkan kepadanya untuk kontribusi luar biasa ini bagi Yamaha. Dengan kemenangannya itu dan antusias besar masyarakat di sana bahkan freestyler Thailand juga ingin konsultasi lebih jauh, merupakan efek positif bagi Wawan Tembong dan juga mendongkrak imej R3. Motor itu sekarang dikenal sebagai motor sang juara di Thailand,” tuntas Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  444 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !