Backpacking ke Sepang Buat Nonton MotoGP? Ini Tips dan Triknya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
06
Apr
2016

Backpacking ke Sepang Buat Nonton MotoGP? Ini Tips dan Triknya

  112573   1
Backpacking ke Sepang Buat Nonton MotoGP? Ini Tips dan Triknya
Backpacking ke Sepang Buat Nonton MotoGP? Ini Tips dan Triknya

JAKARTA, ME. MotoGP makin ke sini makin seru aja nih, bradsis. Apalagi setelah adanya regulasi baru dan bertambahnya pabrikan yang berkompetisi. Buat loe yang pengen banget nonton MotoGP langsung, tim ME punya tips dan triknya nih..
 
Agenda MotoGP yang paling dekat digelar dari sini adalah GP Malaysia yang digelar di sirkuit Sepang. Nah, biasanya balapan yang digelar di sini juga sering kali bersejarah, bradsis. Mulai dari Valentino Rossi yang raih kemenangannya yang ke-46 di kelas MotoGP bersama Yamaha, Jorge Lorenzo yang raih gelar juara dunianya pertama kali, Marco Simoncelli yang meninggal dengan tragis, hingga Sepang clash tahun lalu antara Rossi dengan Marc Marquez.
 
Tim ME dapat tips dan triknya nih dari MotoGP mania yang kebetulan ngefans berat dengan Alex Marquez dan udah rela bolak-balik ke Sepang demi nontonin idolanya ini secara langsung. "Gak cuma nonton doang lho, kan bisa ketemu langsung, foto bareng atau minta tanda tangannya juga," ujar Azizah Az Zahra.
 
Untuk persiapannya, urutannya bisa loe mulai dengan nyari tiket pesawat, bradsis. Setelah itu, cari hotel, baru kemudian tiket MotoGP. "Kalo tiket pesawat, banyak yang kasih promo di bulan November. Akhir tahun banyak tiket pesawat yang murah, tahun lalu aja aku dapet tiket pesawat dari bandara Soekarno-Hatta ke Kuala Lumpur cuma Rp 200 ribu," ujar Zahra.
 
Sebenarnya persiapannya bisa dimulai dari tahun lalu, tapi kalo loe mau mulai dari awal-awal tahun pun juga gak masalah. Asal jangan sebulan atau dua bulan jelang MotoGP Malaysia aja. Selain tiket pesawat mahal, loe bakalan susah dapetin lokasi hotel yang strategis atau dekat dari sirkuit.
 
"Hotel kalo bisa cari yang strategis, bukan cuma jaraknya yang deket aja, tapi yang transportasinya mudah. Karena percuma aja dapet hotel yang murah tapi di pelosok, bakal jadi mahal transportasinya. Mending hotel agak mahal sedikit, tapi transportasi terjamin," jelas Zahra.
 
Untuk hotel, loe bisa beli per hari vouchernya, bradsis. Di situs Traveloka bisa loe cari hotelnya. Perkara ribet check in dan check out, kalo masih satu hotel, loe bisa koordinasi dengan resepsionisnya, gak perlu pindah kamar.
 
"Salah satunya adalah hotel Tune, di bandara KLIA2, posisinya persis di seberang level 1 bandara. Harga emang lumayan sih, tapi sesuai lah sama transportnya," tambahnya.
 
Masih ujarnya, "Hotel Nilai juga lumayan deket ke sirkuit, tapi transportnya agak susah. Ada juga Hotel Sri Enstek, letaknya paling 15-20 menit dari sirkuit kalo naik taksi. Di daerah Sepang banyak kok pilihan hotel yang harganya gak begitu mahal."
 
Loe emang mesti rajin-rajin ngecek promo hotel biar update harganya dan juga gak keabisan kamar. Untuk beberapa hotel, kalo loe reservasi dari awal tahun, bahkan loe bisa dapet diskon hingga 30% lho.
 
Nah, untuk urusan transportnya juga loe perlu waspada nih, bradsis. Ada taksi yang pake argo, ada juga yang argonya nembak alias gak pake argo. Kalo taksi bandara ada argonya, taksi yang loe stop di jalan justru yang biasanya langsung nembak aja argonya. Dari bandara KLIA2 ke sirkuit kira-kira ongkosnya sekitar 28RM, maksimal bertiga satu taksi, tergantung dari jenis mobilnya ya.
 
"Beberapa hotel ada yang nyediain shuttle gratis ke bandara. Nah, dari bandara lanjut lagi deh naik taksi ke sirkuit," ujar Zahra.
 
Untuk tiket, loe bisa buka web motogp.com. Kisaran harga tiket mulai dari Rp 195 ribuan hingga Rp 1,2 jutaan, tergantung loe beli tiket dengan posisi duduk di mana. Model tiketnya adalah e-Tickets yang bakal dikirim ke email loe.
 
Loe bisa tunjukin e-Tickets loe dari email di gerbang utama, atau bisa juga loe print dulu tiketnya. Di sana pun juga ada tempat untuk ngeprint tiket, tapi bayar lagi, bradsis. Lebih aman sih kalo loe print juga, takut-takut ribet gak dapet sinyal di sana pas mau buka email. Jangan lupa juga untuk tunjukin identitas loe sesuai pemesan tiket.
 
Zahra sendiri ngungkapin total ongkos selama di sana bisa berkisar antara Rp 1,7 - 2,5 jutaan, udah termasuk hotel, transport, konsumsi, selama Jumat-Minggu. Itu juga kalo loe bener-bener pengen ngirit banget selama di sana. "Iya, segitu juga udah smartpacker banget itu. Asal amunisi makanan sebagian udah bawa sendiri dari Indonesia. Selain karena makanan Indonesia lebih enak, biar lebih hemat juga, ngurangin jajan selama di sana," lanjut Zahra.
 
Jangan lupa tukerin mata uang dulu sebelum berangkat, bradsis. Pastinya juga selalu jaga dokumen penting loe, seperti paspor, KTP, dan surat penting lainnya yang loe bawa..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  612 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Barang kalo ada yang minat beli tiket MGS gua, karna gw batal berangkat sepang tahun ini. Bisa hub no ini 085607135551 Maaf agan numpang nimbrung disini
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !