Rossi Gak Salahkan Michelin, Masalahnya Ada di M1
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
11
Apr
2016

Rossi Gak Salahkan Michelin, Masalahnya Ada di M1

  10735   0
Rossi Gak Salahkan Michelin, Masalahnya Ada di M1
Rossi Gak Salahkan Michelin, Masalahnya Ada di M1

AUSTIN, ME. Sejak musim 2014, baru di seri ketiga MotoGP 2016 ini Valentino Rossi gagal finish, bradsis. Rossi crash di awal-awal balapan karena kehilangan grip ban depan. Namun, bukan ban Michelin yang menurut Rossi jadi penyebab utamanya, melainkan YZR-M1..
 
Rossi crash saat di lap ketiga di tikungan kedua, dimana tikungan ini bisa dibilang cukup cepat juga, bradsis. Maka itu, Rossi gak bisa lanjutin balapan, karena M1-nya sendiri juga gak memungkinkan untuk diajak balapan lagi. "Tentu saja situasinya berbeda tahun ini dengan ban ini. Karena tahun lalu Bridgestone juga punya beberapa masalah, tapi ban depan mereka sangat aman," ungkap Rossi.
 
"Tahun ini, jika Anda melakukan kesalahan kecil, Anda harus membayarnya. Karena pada tikungan yang saya masuki dengan kecepatan yang sama, ada dua permukaan yang bergelombang, mungkin saya terlalu ke dalan dan kehilangan grip depan. Jadi, Anda harus konsentrasi, presisi, dan mencoba untuk tidak melakukan kesalahan apa pun saat balapan," lanjtunya.
 
Rossi yakin yang harus ditingkatin bukanlah dari ban Michelin sendiri, melainkan motor, tim, dan juga dirinya sendiri. "Michelin bisa bekerja dengan baik, tapi khususnya kami harus fokus pada motor, meningkatkan motor agar lebih cocok dengan ban ini, dan khususnya mencoba untuk tidak melakukan kesalahan saat balapan," jelas Rossi.
 
"Bagi saya, situasi seperti ini normal. Sama seperti Pirelli di Superbike. Jika Anda melakukan kesalahan, Anda akan crash. Dengan Bridgestone, Anda bisa melakukan kesalahan kecil tanpa crash. Michelin punya performa yang bagus, enak dipakai, dan saya suka. Masalahnya adalah Anda tidak bisa melakukan kesalahan," sambungnya.
 
Selain bagian depan motornya, Rossi juga sempat kehilangan waktu gara-gara masalah pada kopling motornya, bradsis. Di awal-awal, Rossi bisa langsung masuk ke posisi kedua setelah melalui beberapa tikungan. Tapi begitu ketemu trek lurus, langsung merosot ke posisi keenam.
 
"Masalah saya hari ini adalah saya membakar kopling saat start. Untuk beberapa alasan, tahun ini kopling kami sedikit bermasalah, di Argentina saya juga mengalaminya. Tapi kali ini saya lebih kesulitan di dua lap pertama, kopling slip dan saya terpaksa membuka gas hanya setengah di trek lurus," terang Rossi.
 
Rossi juga mengakui, masalah ini timbul cuma di awal-awal aja, bradsis. Begitu temperatur di kopling balik ke normal lagi, feeling motor juga balik seperti normal lagi. Namun sayangnya, kali ini begitu feelingnya balik lagi Rossi malah crash.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  211 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !