Gara-gara Ban Depan Michelin, Pedrosa Tanduk Dovi?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
12
Apr
2016

Gara-gara Ban Depan Michelin, Pedrosa Tanduk Dovi?

  10633   0
Gara-Gara Ban, Pedrosa Tanduk Dovi?
Gara-Gara Ban, Pedrosa Tanduk Dovi?

AUSTIN, ME. Selepas insiden yang menimpa kedua pembalap asal Spanyol dan Italia ini, Dani Pedrosa langsung meminta maaf pada Andrea Dovizioso, bradsis. Pedrosa bilang, ada dua hal yang membuatnya kehilangan kendali dengan Honda RC213V miliknya..

Pertama adalah pengereman bagian depan RCV yang tiba-tiba ngunci begitu aja, bradsis. Ini juga berhubungan langsung dengan ban depan, rem bisa mengunci ketika tuas ditekan saat ban ngalamin sesuatu. Misalnya, bisa aja karena aspal licin atau bisa juga karena ban slip.

"Bagian depan mengunci saat kecepatan saya meningkat. Saya bisa merasakannya, lalu coba mengamankan, tapi kala itu guncangan makin hebat dan kemudian saya kehilangan kendali," jelas Pedrosa, yang langsung bergegas menghampiri Dovizioso dan meminta maaf ketika kembali ke pit lane.

Sejak dua tahun belakangan ini, Honda selalu mengklaim pengereman yang dimilikinya adalah yang terbaik, bradsis. Kasus di Austin jadi pelajaran khusus, terutama untuk menganalisis kekompakan antara rem dan ban. Sebab, jika kinerja ban jauh lebih buruk dibanding rem, praktis hal terburuk pada pembalap bisa terjadi.

Dalam kasus yang menimpa Pedrosa, ban bisa dibilang masih cukup oke. Hanya saja, posisi Pedrosa saat insiden dalam keadaan kurang menguntungkan buat mengontrol motor atau simpelnya, rider dalam posisi terlalu miring, bradsis.

"Mungkin saya terlalu miring, tapi inilah kinerja bannya. Ban sangat sensitif terhadap apa yang Anda lakukan pada motor. Saya sangat menyesal untuk Dovi, karena saya tahu itu perasaan tidak enak ketika seseorang menyeret Anda ke luar dan dampaknya cukup sulit," terang Pedrosa.

Karena kerugian ini, Pedrosa harus terlempar dari posisi tiga di tangga klasemen, bradsis. Sementara ini posisinya ada di urutan kelima dengan total 27 poin..

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Motogp.com
  382 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !