Duo Yamaha Berjaya, ini Alasan Marquez Mengalah
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
25
Apr
2016

Duo Yamaha Berjaya, ini Alasan Marquez Mengalah

  3647   0
Duo Yamaha Berjaya, Marquez Mengalah, Ini Penyebabnya!
Duo Yamaha Berjaya, Marquez Mengalah, Ini Penyebabnya!

JEREZ, ME. Duo rider Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo berhasil nguasain sirkuit Jerez, Spanyol, di seri keempat MotoGP 2016 ini, bradsis. Marc Marquez bisa aja terus nge-push laju motornya, andai aja suhu trek saat balapan mendukung..

Suhu trek pengaruhnya cukup besar, dan balapan hari Minggu (24/4) suhu ada di 40 derajat. Dalam situasi kayak gini pembalap terus berusaha untuk menjaga keausan ban. Problem yang didapat Marquez di sini adalah ban bagian depannya cepat terkikis dan mudah slip, bradsis.

Padahal, Marquez, Lorenzo dan Rossi sama-sama ngegunain tipe hard buat bagian depan motornya. Dengan kondisi seperti itu, keausan ban juga bisa dipengaruhi oleh karakter pengereman sang rider itu sendiri. Marquez yang kita kenal adalah salah satu rider yang enggak pernah segan untuk ngerem lebih dalam.

Tapi kali ini usahanya enggak berhasil, bahkan beberapa kali melebar saat mau masuk tikungan karena mengerem terlalu dalam. Meski begitu, finish di posisi ketiga buat Marquez udah cukup untung dengan 16 poin yang diraih. Terlebih lagi, saat ini posisinya di puncak klasemen masih memimpin dengan total 82 poin, bradsis.

"Jujur, hari ini Valentino Rossi ada pada level lain, sama seperti dengan saya di Austin, dan yang paling penting adalah hari ini kita menerima posisi ketiga di perlombaan ini," cetus Marquez.

"Saya belajar banyak dari tahun lalu dan saya tidak ingin membuat kesalahan. Saya sangat fokus dari awal dan saya mencoba untuk kuat membalap dan bersaing dengan Jorge Lorenzo, tapi saya bisa mengatakan bahwa dengan suhu trek yang lebih tinggi (40 derajat) atau 11 derajat lebih tinggi dari kemarin, itu sangat sulit bagi saya untuk menjaga ban depan," terang Marquez.

Habis balapan di seri keempat MotoGP 2016 ini, semua pembalap bakal kerja keras lagi untuk pengembangan motor di sesi test. Udah bisa tebak dong, apa yang bakal dikerjain Honda? Yups, akselerasi Honda RC213V masih kedodoran sejauh ini dari pabrikan lain.

"Kita harus memiliki kesabaran sampai kita mencoba lebih lanjut dengan perbaikan akselerasi motor dan mencari sesuatu yang lain yang memungkinkan kita untuk berjuang, untuk menang," tandas Marquez.

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Motogp.com
  76 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !