Pertama Kali Pakai Winglet, Vinales Langsung Ngetes 6 Winglet!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
26
Apr
2016

Pertama Kali Pakai Winglet, Vinales Langsung Ngetes 6 Winglet!

  6607   0
Pertama Kali Pakai Winglet, Vinales Gak Ngerasa Banyak Perubahan
Pertama Kali Pakai Winglet, Vinales Gak Ngerasa Banyak Perubahan

SPANYOL, ME. Seri keempat MotoGP 2016 di Jerez, Spanyol, menunjukkan Suzuki GSX-RR mulai ngetes winglet mereka, bradsis. Tapi waktu itu baru Aleix Espargaro aja yang ngetes sepasang winglet di fairing GSX-RR. Pada sesi tes Jerez, Spanyol, Maverick Vinales juga dikasih kesempatan ngetes winglet. Gak tanggung-tanggung, langsung 6 winglet yang dicobanya..
 
Perubahan yang terjadi pada Suzuki GSX-RR milik Vinales ternyata membuat sang pembalap Ecstar Suzuki tersebut senang, bradsis. Pasalnya, di sesi tes yang berlangsung kemarin, Vinales sukses menempati posisi ketiga dan berhasil asapi catatan waktu milik Valentino Rossi.
 
Vinales yang pada saat balapan Minggu (24/4) lalu belum menggunakan winglet, akhirnya di sesi tes kali ini mencicipi winglet untuk pertama kalinya, bradsis. Vinales pun bilang kalau winglet tersebut gak punya banyak pengaruh sama motornya, tapi dia sedikit lebih nyaman ketika melibas tikungan.
 
"Saya telah mencoba (winglet), tapi saya tidak merasa ada perbedaan yang signifikan. Tentu membantu sedikit, misalnya di belokan 1 dan 2 dari sirkuit Jerez dimana motor ketika menikung lebih merebah ke tanah, winglet membuat saya lebih stabil," terang pembalap asal Spanyol tersebut seperti dilansir dari laman Speedweek.
 
Vinales juga bilang kalau sebenarnya yang berpengaruh itu catatan waktu dari keseluruhan lap, bukan dari winglet. Tapi kalau winglet berpengaruh banyak, Vinales pun gak ragu untuk pakai winglet di motornya.
 
"Winglet tidak banyak membantu, tapi jika kita membuat perbedaan waktu yang besar pada 27 lap itulah yang menjadi perbedaan besar. Tapi jika winglet bisa memberikan sedikit bantuan, akan lebih baik kalau saya juga pakai winglet," pungkas pria 21 tahun yang musim depan dikabarkan akan membela Yamaha.
 
Suzuki bisa dibilang sedikit ketinggalan untuk memakai winglet, bradsis. Tapi begitu pasang gak nanggung-nanggung lho, langsung pakai 6 winglet! Tiga di sisi kiri, dan tiga lagi di sisi kanan. Tapi walaupun begitu, pembalapnya sendiri pun ngaku kalau winglet tersebut gak banyak ngebantu..

Text: Rizen (rizenp@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Suzuki Ecstar
  182 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !