Ini Rahasia Riding Style Lowes Masuk Tikungan Dengan Sliding
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
MOTO2 & MOTO3
03
Mei
2016

Ini Rahasia Riding Style Lowes Masuk Tikungan Dengan Sliding

  13821   0
Ini Rahasia Riding Style Lowes Masuk Tikungan Dengan Sliding
Ini Rahasia Riding Style Lowes Masuk Tikungan Dengan Sliding

JAKARTA, ME. Saat acara Federal Oil Special Experience with Sam Lowes yang digelar oleh Federal Oil beberapa hari yang lalu, pembalap Moto2 ini juga berbagi rahasia dari riding style-nya yang memukau, bradsis. Sam Lowes gak pelit untuk berbagi ilmu ketika ditanya gimana caranya dia masuk tikungan sambil sliding dengan begitu mudahnya..
 
Emang paling enak lihat riding style Sam Lowes di antara para pembalap Moto2 lainnya, bradsis. Paling beda sendiri, mungkin bisa dibilang sama seperti Marc Marquez yang terkenal dengan elbow down-nya. Sam Lowes terkenal dengan sliding atau biasa juga disebut rear wheel steering (RWS).
 
"Anda mulai dari gigi 5, ketika akan masuk tikungan, langsung turun ke gigi 2. Lepas kopling, dan andalkan engine brake. Saya tidak menggunakan rem belakang, karena itu akan membuat ban belakang terkunci. Sementara intinya adalah tetap membuat ban belakang tetap spin," terang Sam Lowes, pembalap Federal Oil Gresini Moto2 yang pada seri keempat lalu sukses menang di Jerez, Spanyol.
 
"Riding style saya saat masuk tikungan, ketika Anda melihatnya di televisi, mungkin terlihat menakutkan. Tapi saat saya di atas motor, saya cukup nyaman dan percaya diri. Satu atau dua kali memang saya pernah lepas kendali dan crash cukup parah. Tapi inilah gaya saya," sambungnya.
 
Riding style Sam Lowes ini emang kelihatan banget dipengaruhi dengan flattrack, dimana balapan hanya memutari sirkuit oval, dan ban belakang selalu sliding. Kelihatannya mudah, tapi yang pasti butuh latihan yang panjang dan konsentrasi yang luar biasa supaya gak crash, bradsis.
 
"Saya banyak latihan dengan motocross dan juga flattrack. Tapi untuk menjaga kondisi fisik, saya tetap pergi ke gym," beber Sam Lowes.
 
Tim ME gak nyaranin loe untuk nyoba dengan motor standar. Tapi Sam Lowes bilang cara ini juga bisa kok dipraktekin ke motor standar. Paling mesin loe ngegerung sejadi-jadinya dari rpm tinggi langsung turun ke gigi rendah, kecuali motor loe udah dilengkapi dengan slipper clutch..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: @SamLowes11
  432 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !