Mulai dari Keluar Tikungan Sampai Trek Lurus, Marquez Seolah Pasrah
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
09
Mei
2016

Mulai dari Keluar Tikungan Sampai Trek Lurus, Marquez Seolah Pasrah

  11293   0
Rumit, Marquez Seolah Pasrah Ketemu Trek Lurus
Rumit, Marquez Seolah Pasrah Ketemu Trek Lurus

LE MANS, ME. Semua upaya udah dikerahin Honda, bradsis. Di pra-musim, masalah utama Honda adalah agresifitas motor, hingga akhirnya power Honda RC213V dipangkas oleh para insinyur Honda di Jepang. Pada akhirnyam pembalapnya pun akhirnya kini selalu ngeluhin akselerasi RCV..

Ini juga ada kaitannya sama sistem elektroniknya, bradsis. Mungkin pada dasarnya, Honda gak cocok dengan ECU Magneti Marelli. Dengan ECU pabrikan, misalnya tahun lalu, Marquez masih bisa ngejinakin kebuasan motornya. Dengan ECU standar ini, semua jadi kembali dari nol dan kerap mengubah-ubah settingan.

Tahun ini jelas berbeda drastis, perubahan elektronik berpengaruh besar buat perubahan Honda musim ini. Seperti dibilang di atas, upaya Honda seolah sia-sia, rumit buat dipecahin sampai-sampai winglet pun Honda gunain alih-alih akselerasi RCV seenggaknya sanggup bikin pembalapnya kompetitif di depan. Sayangnya, itu cuma di beberapa sirkuit aja, bradsis.

"Masalahnya adalah kita kalah telak. Tetapi jika kita bisa meningkatkan akselerasi, kita punya salah satu motor terbaik. Sulit karena di trek lurus itu banyak ruang. Ini sangat sulit untuk mentalitas Anda ketika Anda melihat trek lurus, Anda tidak dapat mengikuti mereka," beber rider Repsol Honda Team ini.

Marquez udah punya dua kemenangan berturut-turut di Argentina dan Texas. Tapi sebelum dan setelah itu, problem Honda emang belum terpecahkan sampai sekarang. Belum lagi setup motor yang harus juga cocok dengan pemilihan ban. Selama musim berlangsung, pabrikan dilarang buat ngembangin mesin. Selebihnya, motor cuma berpegangan utuh pada setup terbaik buat motor di sirkuit tertentu.

"Tapi saya tahu, bawah Honda sedang bekerja keras. Saya percaya pada Honda. Jadi, untuk apa sekarang terus mengeluh dan mengeluh, yang penting adalah kita tahu di bagian mana kita perlu peningkatan. Tapi di sisi lain, sulit untuk meningkatkan di tengah-tengah musim, karena pengembangan mesin dibekukan untuk semua orang," ujar Marquez.

Seperti yang dibilang Marquez di Jerez lalu, Honda masih meraba-raba settingan khusus di trek-trek Eropa. Tapi sejauh ini, pengaruh Marquez ada pada ban depan motornya dan tentu aja, problem teknis yang masih dalam tahap peningkatan meskipun enggak terlalu signifikan..

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Motogp.com
  323 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !