Sepang Ubah Layout Sirkuit, Tikungan Terakhir dan Aspalnya Bikin Penasaran
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
12
Mei
2016

Sepang Ubah Layout Sirkuit, Tikungan Terakhir dan Aspalnya Bikin Penasaran

  25685   0
Sepang Ubah Layout Sirkuit, Tikungan Terakhir dan Aspalnya Bikin Penasaran
Sepang Ubah Layout Sirkuit, Tikungan Terakhir dan Aspalnya Bikin Penasaran
Sepang Ubah Layout Sirkuit, Tikungan Terakhir dan Aspalnya Bikin Penasaran
Sepang Ubah Layout Sirkuit, Tikungan Terakhir dan Aspalnya Bikin Penasaran

SEPANG, ME. Sirkuit Sepang, Malaysia, merupakan salah satu sirkuit yang bersejarah. Banyak banget momen-momen gak terlupakan di MotoGP yang terjadi di sirkuit ini, bradsis. Sirkuit ini baru selesai renovasi dengan aspal yang jadi fokus mereka, dan ada bagian lainnya juga yang sedikit diubah. Kabarnya sih, tikungan terakhir bakal jadi tempat paling seru buat ditongkrongin..
 
Tepat pada tanggal 23 April 2016 lalu, renovasi sirkuit Sepang selesai digarap, khususnya bagian aspalnya. Jarno Zafelli, selaku desainer sirkuit yang bertanggung jawab terhadap renovasi ini juga mendengarkan masukan dari para pembalap, bradsis.
 
"Pada saat sesi tes pra-musim MotoGP, kami dihadapkan dengan Aleix Espargaro, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan pembalap lainnya. Mereka mengeluhkan banyaknya bagian sirkuit yang tidak rata (bumpy). Selain itu, menurut mereka juga aspalnya kurang ngegrip, khususnya di tikungan kelima," jelas Jarno.
 
Menurut Jarno, layout sirkuit yang sekarang ini diklaimnya lebih kencang dan lebih agresif. Lebar sirkuit menjadi 16 meter, bagian drainase juga udah ditingkatin. Tapi yang jadi fokus mereka dalam renovasi kali ini emang aspalnya, bradsis.
 
"Tentu saja balapan di sini akan menjadi balapan terpanas di sepanjang musim. Faktanya, temperatur trek bisa mencapai 62 derajat. Kami masih harus menunggu setahun sebelum akhirnya lapisan lemnya secara permanen dilepas dan Anda bisa melihat bagian batunya berwarna abu-abu," ujar Jarno.
 
Tikungan ke-15 alias tikungan terakhir diklaim Jarno jadi salah satu yang bakal bikin balapan makin seru, bradsis. "Jika saya harus memilih tempat untuk menonton balapan, saya akan duduk di sana. Kami benar-benar merevisinya, sekarang pembalap bisa melebar dan memotong lagi saat menikung, karena sebaliknya akan ada resiko mereka kehilangan grip ban depan," pungkas Jarno.
 
Aspal udah baru nih, tinggal tunggu komentar dari para pembalap MotoGP aja, gimana reaksi ban Michelin terhadap aspal sirkuit Sepang ini nantinya..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: gpone.com
  517 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !