Raih Pole Position, Strategi Rossi Cuma Masalah Timing
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
22
Mei
2016

Raih Pole Position, Strategi Rossi Cuma Masalah Timing

  10526   0
Raih Pole Position, Strategi Rossi Cuma Masalah Timing
Raih Pole Position, Strategi Rossi Cuma Masalah Timing

MUGELLO, ME. Valentino Rossi berhasil raih pole position keduanya di musim ini. Di seri keenam MotoGP 2016 di Mugello, Italia, pembalap tuan rumah ini berhasil jalanin strateginya dengan lancar, bradsis. Meskipun dengan sedikit bantuan slipstream dari Maverick Vinales..
 
Selama sesi latihan FP2 dan FP3, Rossi mungkin terlihat kurang kompetitif. Tapi semua berubah di saat FP4, dari yang tadinya gak masuk lima besar, Rossi langsung tempati posisi kedua. Di sesi kualifikasi, Rossi sukses rebut pole position dari Vinales. Terakhir kali Rossi raih pole position di Mugello pada tahun 2008, bradsis.
 
"Hari ini luar biasa, sesuatu yang spesial dan fantastis, dan saya membalap dengan feeling yang bagus. Sedari kemarin memang sulit, saya tidak begitu buruk, tapi saya ada di posisi keenam atau ketujuh, dan yang ada di sepuluh besar ini sangat kencang dan ketat jaraknya," ungkap Rossi.
 
"Hari ini, kami berhasil mengambil langkah yang bagus di pagi hari dan saya merasa lebih baik, tapi saya masih ada di posisi kedelapan, jadi tidak terlalu spesial. Setelah itu kami melakukan peningkatan lagi dan di FP4 sangat baik, saya cukup kencang dan feeling saya bagus dengan motor," tambahnya.
 
Kali ini, Rossi keluar dari pit di waktu yang tepat, bradsis. Gak ada banyak pembalap di depannya. Berbeda saat seri sebelumnya, dimana saat Rossi keluar banyak pembalap yang menahannya untuk raih catatan waktu yang sempurna.
 
"Kami memulai kualifikasi ini dengan sangat optimis, tapi Anda tidak akan pernah tahu. Kami mencoba strategi yang tepat untuk bisa ada di tempat yang bagus, dalam momen yang bagus, dan tidak seperti di  Le Mans, ketika kami melakukan kesalahan," ujarnya.
 
Menurut Rossi, penting untuk bisa start paling depan di Mugello ini, bradsis. Pasalnya, dengan karakter sirkuit yang cepat ini, sulit untuk melakukan overtake. Bisa dengan slipstream saat trek lurus, tapi kalo gak punya akselerasi dan top speed yang bagus, bakal sulit juga. Rossi sendiri masih punya sedikit kelemahan, terutama dalam masalah ban.
 
"Saya merasa baik dengan motor yang sekarang, tapi masih ada detail kecil yang harus ditingkatkan. Saya mencoba ban hard, feeling saya lumayan, tapi tidak terlalu kencang jadinya. Saya mencoba ban soft, tapi setelah beberapa lap motor jadi tidak stabil," jelas Rossi.
 
Untuk balapan nanti, bukan cuma Vinales atau Andrea Iannone yang menurutnya bakal jadi rival terkuat. Tapi Marc Marquez dan Jorge Lorenzo juga pasti bakal mengis pertarungan di barisan terdepan, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: yamahamotogp.com
  430 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !