Bencana Untuk Yamaha, Dua Mesin Jebol Dalam Satu Hari
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
23
Mei
2016

Bencana Untuk Yamaha, Dua Mesin Jebol Dalam Satu Hari

  14931   0
Bencana Untuk Yamaha, Dua Mesin Jebol Dalam Satu Hari
Bencana Untuk Yamaha, Dua Mesin Jebol Dalam Satu Hari

MUGELLO, ME. Yamaha lagi menginvestigasi bencana yang mereka alami di seri keenam MotoGP 2016 di Mugello, Italia. Pasalnya, dalam satu hari kedua pembalap mereka jebol mesinnya. Sebelumnya di sesi warm up, Jorge Lorenzo juga ngalamin hal yang serupa, bradsis. Paling sial jelas Valentino Rossi, karena mesinnya jebol di saat balapan berlangsung..
 
"Sepertinya ada sesuatu yang salah di kedua mesin, antara Lorenzo dan saya, tapi perbedaan terbesarnya adalah pada Lorenzo terjadi ketika warm up dan saya terjadi saat balapan," ujar Rossi.
 
"Di lap keenam, motor saya mulai mengalami masalah dan kopling tidak mau membuka, maka itu saya selalu melebar di tikungan. Tapi setelah 7 atau 8 tikungan lagi, saya sudah berada di belakang Lorenzo, karena saya lebih kencang. Tapi setelah itu, mesin saya rusak," jelasnya.
 
Di musim ini, Rossi juga kerap ngalamin masalah dengan koplingnya, bradsis. Khususnya pada saat start, dimana kopling terbakar dan bikin akselerasi jadi merosot.
 
"Hari ini saya sangat beruntung, karena mesin saya rusak saat warm up dan bukan saat balapan, sementara Rossi sebaliknya, sangat tidak beruntung. Ini adalah situasi yang aneh, karena hanya dalam waktu beberapa jam, dua mesin rusak dan kami tidak tahu apa penyebabnya dan Yamaha harus menginvestigasi hal ini agar tidak terulang kedepannya," terang Lorenzo.
 
Yamaha terpaksa membuang satu mesin, karena dalam regulasi gak boleh membuka segel mesin, bradsis. Boleh aja, tapi dengan alasan untuk kepentingan keselamatan. Namun, gak pernah ada satu pun tim yang diperbolehkan selama ini. Pasalnya, dengan mengganti part di dalam mesin agar lebih bisa bertahan lebih lama dalam rpm maksimal, maka itu pun udah termasuk ngasih keuntungan untuk segi performa.
 
Hingga seri keenam kemarin, baik Rossi dan Lorenzo udah menggunakan 3 dari 7 mesin yang diperbolehkan dalam satu musim. Masih ada 12 seri lagi, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  389 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !