Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
21
Jun
2016

Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok

  21776   1
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok
Nyesel Minta Slip Biru? Tenang, Masih Bisa Sidang Kok

JAKARTA, ME. Belakangan ini marak lagi masalah tilang dengan slip biru, bradsis. Gak sedikit yang mengeluh soal slip biru ini, karena pelanggar dikenakan denda maksimal dan gak sedikit jumlahnya. Tapi tenang aja, kalo loe nyesel dapet slip biru, masih ada alternatifnya kok..
 
Pertama-tama, loe harus tahu dulu apa maksud dari slip biru, bradsis. Surat tilang punya dua macam slip untuk diberikan ke pelanggar, slip merah dan slip biru. Slip merah akan diberikan jika loe gak terima dengan kesalahan dan denda yang diberikan, dan loe akan dikasih kesempatan untuk membela diri di pengadilan. Sementara slip biru, itu berarti loe terima kesalahan loe dan siap membayar denda maksimal sesuai dengan pasal yang loe langgar.
 
Dengan slip biru emang lebih enak buat loe yang gak punya waktu untuk ikut sidang, tapi punya uang berlebih juga untuk bayar denda. Untuk pembayarannya dilakukan di Bank BRI, tapi hanya bisa di kantor cabang (KC) yaa, bukan kantor cabang pembantu (KCP). Setelah bayar, loe gak perlu lagi ikut sidang, bradsis. Loe tinggal mengambil Surat Izin Mengemudi (SIM) loe sesuai dengan yang udah ditentukan polisi yang menilang loe.
 
Tapi buat loe yang gak terima dengan jumlah denda maksimal, jangan khawatir, bradsis. Loe masih bisa ikutan sidang kok. Brader Danny, salah satu pembaca setia ME, ngebeberin pengalamannya, "Gue sok tahu aja sih awalnya minta slip biru, gue gak sadar kalo ternyata jumlah denda maksimalnya sampe Rp 500 ribu. Tapi udah terlanjur juga, yaa mau gimana lagi."
 
"Awalnya gue pasrah, tapi begitu gue sampe di bank, satpamnya ngasih tahu kalo gue masih bisa ikutan sidang," lanjutnya. Di slip biru itu juga polisi menulis waktu sidang loe, selain dia menulis jumlah yang harus loe bayar dan bank yang ditunjuk.
 
Tapi sebelum loe ikutan sidang, loe tetep harus menyetor jumlah denda maksimal ke Bank BRI, bradsis. Misalkan Rp 500 ribu denda maksimalnya, yaa loe bayarkan segitu. Jangan sampai hilang bukti bayarnya, karena setelah sidang dan denda loe udah ditetapkan, loe bisa ambil sisanya di bank tersebut.
 
"Gue setor dulu Rp 500 ribu ke Bank BRI, setelah itu baru ikut sidang. Proses sidang sama sih seperti slip merah. Tapi loe mesti lampirin juga bukti bayar ke bank dan juga fotokopi KTP," terang Danny.
 
"Setelah sidang, denda yang harus gue bayar jadinya Rp 200 ribu. Nanti bukti dari pengadilan dibawa lagi ke Bank BRI, berikut dengan bukti bayar sebelumnya. Nanti pihak bank bakal ngembaliin sisa duit yang ada, Rp 300 ribu," sambungnya.
 
Nah, lumayan banget kan dibanding loe harus bayar sesuai denda maksimal..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Istimewa
  611 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
kira2 berapa lama pengembalian uang denda yang 300 ribu?
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !