Pemilihan Ban Tepat, Crutchlow Cuma Ngikutin Pembalap di Depan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
18
Jul
2016

Pemilihan Ban Tepat, Crutchlow Cuma Ngikutin Pembalap di Depan

  11430   0
Pemilihan Ban Tepat, Crutchlow Cuma Ngikutin Pembalap di Depan
Pemilihan Ban Tepat, Crutchlow Cuma Ngikutin Pembalap di Depan

SACHSENRING, ME. Akhirnya, Cal Crutchlow sukses naik podium juga di musim ini, bradsis. Di seri kesembilan MotoGP 2016 di Sachsenring, Jerman, Crutchlow naik podium kedua berkat pemilihan ban yang tepat oleh timnya. Padahal dia gak punya strategi, Crutchlow mengaku cuma ngikutin pembalap di depannya..
 
Start dari posisi ketigabelas tentunya gak mudah untuk mengejar barisan terdepan, bradsis. Awalnya, di saat kondisi trek masih basah, Crutchlow emang kesulitan ngatur ritme balapnya. Pasalnya, di saat yang lain pakai ban soft atau extra soft, pembalap asal Inggris ini malah pakai ban tipe hard untuk ban depannya.
 
"Saya harus berhati-hati saat awal balapan, karena saya menggunakan ban depan hard. Sebenarnya saya hampir crash di saat warm up lap. Sejujurnya, saya tidak bisa mendapatkan temperatur yang optimal pada ban," ujar Crutchlow.
 
"Saya tahu ada beberapa pembalap lainnya dengan ban hard, termasuk Jack Miller, dan ketika dia mulai menggila di lap-lap pertama, saya pikir ini akan berakhir buruk atau saya akan mengejarnya nanti, dan saya bisa mengejarnya kemudian. Tapi memang motor sangat sulit dikendalikan," lanjutnya.
 
Di saat trek mulai mengering, barisan terdepan yang diisi oleh Crutchlow, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Hector Barbera, dan Jack Miller, gak kunjung masuk ke pit untuk mengganti motor mereka. Crutchlow yang ada di barisan tersebut mengaku cuma mengikuti para pembalap di depannya. Pasalnya, dia gak bisa melihat pit boardnya karena terlalu jauh, bradsis.
 
"Anda selalu akan bertanya-tanya, bagaimana jika saya masuk pit lebih awal. Mudah untuk mengatakannya setelah balapan. Tapi saya pikir tidak ada pembalap, di luar barisan terdepan, yang akan masuk pit, dan jika kami semua tetap di sirkuit, saya bisa menang, karena saya bisa melewati Vale dan Dovi," tandas Crutchlow.
 
"Jadi, saya tidak pernah melihat ke pit board, karena saya hanya konsentrasi pada pembalap di depan saya yang memimpin jalannya balapan. Lalu ketika saya melihat Dovi dan Vale masuk, saya mengikuti mereka," sambungnya.
 
Sama seperti tim Honda lainnya, tim LCR memasang ban slick untuk depan dan belakang motor Crutchlow, bradsis. "Tim saya melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan pemilihan ban ketika saya masuk ke pit. Saya harus berterimakasih yang banyak pada mereka," ujarnya.
 
"Pada awalnya, saya tertinggal 5 detik dari Dovi, karena dia pakai intermediate, tapi selanjutnya saya bisa lebih cepat dan lebih cepat. Tahun yang sulit sejauh ini. Kami tahu motor kami selama ini sulit untuk dikendarai, tapi usaha Honda luar biasa, dan di beberapa balapan terakhir saya merasa lebih nyaman di atas motor dan motor juga lebih baik. Paruh kedua tahun ini saya rasa kami bisa meraih hasil yang baik lagi," tuntasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  402 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !