Marquez yang Melempem Tahun ini, Kokoh Pimpin Kejuaraan!
GM Juli 2015
SSS chain
Jakarta Custom Culture 2017
MOTOGP
21
Jul
2016

Marquez yang Melempem Tahun ini, Kokoh Pimpin Kejuaraan!

  4766   0
Marquez Yang 'Melempem' Tahun Ini, Kokoh Pimpin Kejuaraan!
Marquez Yang 'Melempem' Tahun Ini, Kokoh Pimpin Kejuaraan!

SPANYOL, ME. Kalo secara performa, tahun ini Marc Marquez emang belum ada apa-apanya dibanding rival-rivalnya, seperti Jorge Lorenzo atau Valentino Rossi. Tapi yang membuat doi hebat tahun ini adalah konsistensi, terlepas belajar dari musim lalu, bradsis..

Marquez yang sekarang terlihat lebih kalem, jauh dari kelabilannya dibanding tahun-tahun sebelumnya, dimana Marquez cukup berjaya, terutama di tahun 2014 yang mampu ngoleksi 10 kemenangan berturut-turut dari awal seri. Tapi jauh dari performa fantastisnya itu, Marquez kerap melakukan banyak kesalahan, contohnya GP Spanyol di sirkuit Aragon.

Meskipun tahun ini jauh dari ekspetasi dengan performa motor yang menurun, Marquez punya cara lain untuk tetap kompetitif khususnya di atas klasemen kejuaraan. Dari sembilan seri yang udah bergulir, Marquez cuma sekali absen di atas podium saat di GP Perancis, Le Mans.

Sisanya, Marquez memimpin klasemen dengan 177 poin dari delapan podium dengan ngoleksi 3 kemenangan di paruh pertama musim ini. Ada dua rival di belakangnya, yakni Lorenzo yang tertinggal 48 poin dan Rossi terpaut 59 poin. Keduanya cukup kewalahan di paruh pertama musim ini, meskipun punya motor yang cukup mumpuni dibanding Marquez.

"Jujur, mungkin ini pertama kalinya di kejuaraan saya bukan pembalap tercepat di trek, tapi saya paling konstan, kebalikan dari tahun lalu. Jadi, saya sangat senang dan sekarang saatnya untuk pergi ke kolam renang, pantai, dan bersantai dengan teman-teman. Tapi jangan lupa paruh kedua musim ini akan sulit dan perlu menyiapkan diri dengan baik di rumah," papar rider Repsol Honda Team ini.

Bukti ketenangan Marquez terlihat di GP Jerman, Sachsenring. Dengan dewasanya, doi milih untuk ngamanin poin, kerjasama dengan timnya di paddock patut diacungi jempol juga, bradsis. Tahun-tahun sebelumnya ada Lorenzo, sekarang loe bisa lihat Marquez bisa kompak sama timnya. Itu juga gak lepas dari pengalaman buruknya di tahun-tahun sebelumnya.

"Ketika Anda memimpin dengan gap ini Anda harus waspada untuk tidak terlalu percaya diri. Tahun 2014 saya memimpin dengan banyak poin, lebih dari sekarang, tapi saya crash dua balapan berturut-turut di Misano dan Aragon, dan saya kehilangan 50 poin. Jadi, kita harus waspada karena kita baru di tengah-tengah musim. Apa yang terjadi di paruh pertama musim ini, paruh kedua bisa sebaliknya. Kita harus mengamankan dengan baik, tentu saja dengan gap 48 poin di depan labih jauh daripada berada di belakang," terang Marquez.

Musim ini masih nyisain sembilan balapan lagi, bradsis. Artinya, apapun bisa terjadi. Kita lihat aja gimana Marquez mampu pertahanin konsistensinya di paruh kedua musim ini, bradsis..

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: motogp.com
  280 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !