Pahami Kelemahannya di Austria, Lorenzo Juga Baca Kekuatan dan Kelemahan Ducati
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
21
Jul
2016

Pahami Kelemahannya di Austria, Lorenzo Juga Baca Kekuatan dan Kelemahan Ducati

  10624   0
Pahami Kelemahannya di Austria, Lorenzo Juga Baca Kekuatan dan Kelemahan Ducati
Pahami Kelemahannya di Austria, Lorenzo Juga Baca Kekuatan dan Kelemahan Ducati

AUSTRIA, ME. Baru hari pertama nyobain sirkuit Red Bull Ring, Austria, Jorge Lorenzo langsung paham di mana kelemahannya, bradsis. Selain mempelajari sirkuitnya, Lorenzo juga memetakan kekuatan dan kelemahan Ducati yang mendominasi di sesi tes kali ini..
 
"Bagian tersulit di sini adalah membuat motor stabil saat pengereman. Terkadang kami kesulitan dalam hard braking dengan Michelin, sering kali ban depan mengunci. Ini berhubungan juga dengan trek yang tidak rata saat mengerem," ungkap Lorenzo.
 
"Sangat sulit di sini. Ketahanan ban depan cukup bagus, tapi ada potensi ban depan mengunci saat pengereman. Sementar ban belakang sulit dijelaskan, karena kami masih harus melakukan lap yang banyak. Baru bisa memahami apakah ban ini bisa bertahan selama 28 lap atau tidak," lanjutnya.
 
Kalo Valentino Rossi lebih banyak bicara mengenai top speed di trek lurus, Lorenzo lebih kepada pengereman. Tapi Lorenzo juga paham trek lurus ini bakal jadi kelemahan mereka, apalagi ketemu dengan Ducati yang punya power luar biasa, bradsis.
 
"Kami tidak mengharapkan lap time yang bagus dari hasil sesi tes ini. Gripnya bagus, jadi Ducati bisa menggunakan semua power yang mereka punya. Kami masih tertinggal dari mereka saat akselerasi di trek lurus, mereka juga lebih stabil saat pengereman," jelas Lorenzo yang musim depan bergabung dengan Ducati.
 
"Tapi dengan begitu, mereka jadi membuat ban overheat, hal ini bisa memberikan masalah buat mereka saat balapan. Saya tidak tahu apakah mereka bisa menahan keepatan mereka saat balapan nanti. Tapi jika tidak, dalam 4 atau 5 lap, kami akan tertinggal jauh dari mereka, itulah kenyataannya," tambahnya.
 
Sama seperti Rossi dan pembalap lainnya yang mencoba sirkuit Red Bull Ring ini, Lorenzo juga berkomentar masalah safety pada sirkuit ini. Menurutnya, tikungan 1 dan 3 sangat berbahaya jika ada pembalap yang crash di sana, karena dinding pembatas cukup dekat jaraknya. Begitu pula tikungan terakhir, jika ada yang highside cukup parah, pembalap bisa aja terpental hingga dinding pembatas, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  643 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !