Era Injeksi, Karbu Dibilang Boros, ini Trik Hemat BBM Skutik Karbu
FDR Tire
SSS chain
Corsa
KNOWLEDGE
28
Jul
2016

Era Injeksi, Karbu Dibilang Boros, ini Trik Hemat BBM Skutik Karbu

  11940   0
Era Injeksi, Karbu Dibilang Boros, ini Trik Hemat BBM Skutik Karbu
Era Injeksi, Karbu Dibilang Boros, ini Trik Hemat BBM Skutik Karbu

JAKARTA, ME. Banyak yang merasa skutik lawas non injeksi terbilang boros. Hal ini wajar banget, bradsis. Lantaran pada kedua sistem penyuplai bahan bakar ini mempunyai cara kerja berbeda. Tapi jangan khawatir, bukan berarti gak ada triknya untuk hemat BBM pada skutik dengan sistem bahan bakar karburator..
 
Jika pada skutik injeksi semprotan bensin ke ruang bakar oleh injektor sudah terkontrol seperlunya secara elektronik, kalau karburator masih mengandalkan hisapan dari pergerakan piston pada silinder. Jadi, pada karburator volume hisapan dan semprotan bensin untuk kebutuhan mesin tidak seimbang. Dampaknya, ada bensin yang terbakar cuma-cuma, bradsis.
 
Untuk mengakali hal ini, Asni Dila pemilik bengkel Restu Motor di kawasan Otista kasih beberapa solusinya. Pertama, bisa gunakan busi pendek. Misalnya, jika Yamaha Mio Sporty menggunakan busi Denso U24EPR-9, kita turunkan dengan menggunakan Denso 22. "Busi panas ini akan mengantar lebih cepat mesin ke suhu ideal, dengan cara ini akan mengurangi bensin terbakar dengan percuma," jelas Asni.
 
Kedua, turunkan satu step saja main jet dan pilot jet dari ukuran standarnya, bradsis. Gak usah berlebih, agar mesin tidak over heat. Ketiga, naikan satu klip jarum di karburator dan jangan lupa tutup angin biar gak muncul gejala nembak.
 
Mudah kan trik hemat BBM untuk skutik karbu? Selamat mencoba, bradsis..

Text: Tigor (igor_potret@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  747 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (38)
GM Juli 2015
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !