Cuma Modal Isolasi Aja, Mio J yang Susah Nyala Langsung Tokcer
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
06
Ags
2016

Cuma Modal Isolasi Aja, Mio J yang Susah Nyala Langsung Tokcer

  247030   0
soket sensor chuke yang ditutup plastik
soket sensor chuke yang ditutup plastik
lepas soket sensor chuke
lepas soket sensor chuke

JAKARTA, ME. Beberapa pengguna Yamaha Mio J mungkin pernah mengalami motor yang susah nyala, baik menggunakan electric starter atau kick starter. Apalagi dengan umur motor yang sudah lama, aki dan ECU terkadang menjadi dugaan para pengguna..

Namun, ada faktor lainnya selain dua part tadi, bradsis. Ahmad Fauzi, mekanik dari Mentari Jaya, Rawamangun, menjelaskan, "Itu merupakan kendala dari Mio J jika sudah umur. Apalagi kalo belum pernah service daleman throttle body."

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan jika motor susah nyala, bukan berarti aki atau ECU yang bermasalah, melainkan bagian dalam sensor choke yang sudah kotor, bradsis.

"Bisa dibersihkan, tapi agak riskan bagi mekanik yang belum hatam sistem injeksi. Soalnya ketika mau dipasang, ada semacam piranti untuk buka tutup choke," jelasnya.

Solusi dari brad Ahmad adalah melepas soket sensor choke. Asalkan saat melepas mesin dalam kondisi hidup, bradsis. "Sensor choke dilepas gak akan berpengaruh ke throttle body atau ECU, pokoknya aman," ujar Ahmad.

Usai dilepas, tutup soket dengan plastik agar tidak masuk air dan direkatkan dengan isolasi, bradsis. Solusi ini sifatnya sementara, sebelum loe menemukan bengkel yang mampu menangani teknologi injeksi.

Untuk perawatannya sebenarnya mudah, rajin-rajin melakukan pembersihan filter udara, bradsis..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dimas
  1424 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !