Ricky Sitompul, Master of Sentul yang Ikuti Jejak Sang Ayah
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-FIGUR
10
Ags
2016

Ricky Sitompul, Master of Sentul yang Ikuti Jejak Sang Ayah

  21441   0
Ricky Sitompul
Ricky Sitompul
Ricky Sitompul
Ricky Sitompul

JAKARTA, ME. Ibarat pepatah makan sayur tanpa garam, gelaran balap tanpa adanya Race Commentator alias yang cuap-cuap di sepanjang jalannya balapan tentunya bakal terasa hambar. Nah, kalau brader n sista sering nonton langsung balap di Sentul, pasti kenal dengan suara komentator balap yang satu ini..

Yups, dia adalah Ricky Sitompul yang bisa juga disebut salah satu Master of Ceremony (MC) balap paling kondang di ajang balap nasional, baik roda dua maupun roda empat, bradsis. Pria kelahiran Jakarta ini mengawali karirnya sebagai komentator balap sejak tahun 2006 silam, yang saat itu Lola Moneak, selaku GM Sirkuit Sentul memanggil dirinya untuk mengomentari salah satu event balap di Sentul untuk menggantikan almarhum ayahnya yang juga seorang MC olahraga, yaitu Oloan Sitompul.

“Saya sudah lama suka balap liar mobil dan motor, tapi karena ketahuan oleh ayah makanya saya diajak untuk balap beneran di Sentul. Ternyata jadi pelaku balap itu tidak mudah, dan akhirnya saya memutuskan untuk berada di belakang layar aja,” ungkap Ricky.

“Tahun 2006, Ibu Lola Moneak memanggil saya untuk isi acara Kejurnas balap mobil. Beliau percaya saya karena postur badan, dan suara saya mirip dengan almarhum ayah. Awalnya gak percaya diri, tapi dengan kepercayaan ini saya coba beranikan diri untuk jadi komentator balap untuk pertama kali,” tambahnya.

Lalu pria yang akrab disapa Bung Ricky ini juga mengungkapkan sekitar tahun 2013 dirinya mulai melanglang buana mengomentari balap di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Tapi saat ini, sekitar 65% lebih sering tampil di Sirkuit Internasional Sentul untuk event balap nasional dan internasional, sedangkan sisanya baru di sirkuit Sentul Karting.

“Jadi komentator balap itu pasti senang bisa lihat para pembalap Indonesia yang berprestasi, mulai dari mereka masih kecil sampai menginjak dewasa ke tingkat kompetisi yang lebih tinggi lagi. Kalau dukanya, kadang saya sedih jika dekat dengan pembalap atau tim ada aja yang bilang saya mendukung mereka. Padahal, profesi saya ini netral, tidak berat sebelah,” ungkap pria yang dijuluki Master of Sentul ini.

Melihat perkembangan dunia race commentator Indonesia, menurut Bung Ricky para MC balap Tanah Air sudah banyak yang improve dengan gaya dan karakternya masing-masing, bradsis. Pria lulusan S1 Komunikasi di Universitas Moestopo ini juga berharap ada regenerasi, karena saat ini event balap mulai banyak, tapi komentatornya itu-itu saja.

“Sejauh ini sudah banyak yang improve. Saya suka dengan gayanya Bang Arisandro dari Sumatera, suka juga dengan gayanya mas Orin Sugawa, dan ketenangan kata perkata dari Om Didi Jegger. Saya juga sempat study banding di Eropa dan Singapura, race commentator di sana tidak punya suara berat tapi mereka lebih punya data lengkap tentang pembalap, dan juga teknik balapan secara jelas,” imbuhnya.

“Harapannya, kita jangan cepat puas, tetap harus banyak belajar, dan kita juga harus membuka jalan untuk generasi kita bila ada yang tertarik dengan dunia ini. Karena saya hitung event balap dan komentatornya saat ini tidak seimbang, lebih banyak event balap daripada pelaku komentatornya,” pungkas Bung Ricky.

Nah, bicara regenarasi, race comentator yang sehari-hari punya kesibukan dubbing film untuk program National Geographic dan Discovery Channel ini di akhir wawancara ekslusif dengan tim ME memberi tips buat brader n sista yang tertarik cuap-cuap juga di event balap.

Tips dari Bung Ricky, yang pasti jangan malu untuk bertanya dan belajar, karena semua itu bisa karena terbiasa. Selain itu, usahakan untuk menguasai satu bahasa asing, serta hafal nama pembalap juga timnya, bradsis.

Biodata Ricky Sitompul

Nama Lengkap : Frederick Priya Purnama Sitompul

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 26 Februari 1981

Alamat : Johar Baru VI no 23, Jakarta Pusat

Pendidikan : S1 Komunikasi Unversitas Moestopo

Facebook : Frederick Sitompul

Instagram : @ricky_sitompul

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Ichsan
  772 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !