Modifikasi Suzuki Satria F150: dari Kalsel Turun ke Sentul
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-MODIFIKASI
06
Sep
2016

Modifikasi Suzuki Satria F150: dari Kalsel Turun ke Sentul

  10457   0
Modifikasi Suzuki Satria F150: Dari Kalsel Turun Ke Sentul
Modifikasi Suzuki Satria F150: Dari Kalsel Turun Ke Sentul

JAKARTA, ME. Tim privateer road race ini berasal dari pulau Kalimantan Selatan, tepatnya di kota Binuang, namun kerap latihan di Sirkuit International Karting Sentul, Bogor, Jabar. Padahal, di sana ada trek permanen yang cukup baik lho, bradsis. Namanya juga mengasah skill alias pengalaman balap bisa dilakukan di mana aja..

Untuk itu, Jaya Putra, pembalap dari tim Jay Putra Mandiri Racing Team (JPMRT) ini terus berlatih di sirkuit International Karting Sentul, Bogor, Jabar. Tujuannya agar mampu bisa bersaing dengan pembalap lainnya yang berasal dari mana pun.

Di kota tersebut terbilang jarang mengadakan event balap road race, sehingga guna mengasah skill menekuk setang tim ini selalu datang ke lintasan sepanjang 1,2 km. Sedang besutannya sudah dititipkan dan digarap sama bengkel Rully Motor Sport (RMS) daerah Cipinang, Jakarta Timur.

“Biar skill makin tajam dan mental lebih percaya diri, saya mencoba bermain di Jakarta. Karena joki-joki di sini skill-nya bagus-bagus dan berani dalam menekuk setang atau melibas lawannya,” ungkap Jay, pria kalem ini.

Suzuki Satria F150 yang ditunggangi anak dari H. Murjany ini segala sesuatunya sudah dipersiapkan oleh bengkel RMS. Sehingga saat mengikuti fun race tinggal gas pol dan hasilnya gak sia-sia, bisa meraih di podium pertama pada event balap beberapa bulan lalu.

“Untuk settingannya gak terlalu ekstrem, meski di fun race itu regulasinya terbilang bebas. Spek mesin standar tune-up hanya mengaplikasikan seher Kawasaki Ninja 250R. Lalu, beberapa komponen lain dicustom menyesuaikan trek Sentul,” terang Rully, mekanik dari RMS.

Karena bobot dari joki tersebut terbilang agak besar, maka ada penyesuaian di suspensi. Tujuannya, agar saat merebah di tikungan, kaki-kaki gak gampang goyang. Seperti di bagian depan, lubang suling sokbreker tersebut didesain ulang alias custom membuat rebound peranti itu terasa lembut.

“Di monosok belakang dibuat ulir atau drat. Jadi, buat seting kinerja sok tersebut lebih mudah dan enggak perlu gonta-ganti sokbreker. Cukup diputar dan rasakan perbedaannya,” jelas Rully, sapaan akrabnya.

Kompresi semakin padat dengan menjejalkan seher Ninja 250R berdiameter 62 mm, tak lupa pada head silinder cukup dipolish alias dihaluskan. Sedangkan klep in dan out tetap pakai diameter standarnya, cuma per klep pakai Swedia biar kinerja klep lebih cepat dan tutupnya, bradsis.

Sebelum lanjut ke asupan bahan bakar, peranti yang mengatur buka tutup klep diatur sama noken as custom RMS dengan durasi 280 derajat. Dengan begitu, kebutuhan asupan di ruang bakar lebih banyak, maka karburatornya disematkan Keihin Sudco PWK berventuri 28 mm.

Alhasil, saluran gas buang dipercayakan sama merek knalpot Jonea. Sedang karakter sirkuit Sentul ini butuh akselerasi yang cepat, makanya saat keluar tikungan butuh settingan gir yang besar-besar. Dengan itu, besutan tersebut menggunakan perpaduan gir merek SSS 13-43.

Pesan Inspiratif: Untuk mencari ilmu atau skill itu memang bisa dilakukan di mana saja.

Saran Tim ME: Lebih sering mengikuti event balap besar maupun kecil, agar skill atau jam terbang makin bertambah.

Penilaian Tim ME: (8*): Keren, motor gak harus kencang, tapi skill yang ditonjolkan..

Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data spesifikasi :
Ban depan belakang : IRC Razzo 66, 90/80-17, Sok depan-belakang : standar custom & Kitaco, Seher : Ninja 250R, 62 mm, Karbu : Keihin PWK Sudco 28 mm, Noken as : custom RMS, Per Klep : Swedia, Cdi : BRT I-Max, Knalpot : Jonea, Rasio : Faito, Gir set : SSS, 13-43, Per kopling : custom RMS, Gas spontan : Daytona

Bengkel : Rully Motor Sport (RMS) Jl. Cipinang Muara II No.37, Jaktim. Tlp : 0812-13707042.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  551 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !