Bukan Sekedar Aksesori, Tapi Lebih ke Fungsional
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
09
Sep
2016

Bukan Sekedar Aksesori, Tapi Lebih ke Fungsional

  23057   0
Aplikasi Cakram Belakang Di Skutik, Bukan Hanya Aksesori, Tapi Lebih Ke Fungsional
Aplikasi Cakram Belakang Di Skutik, Bukan Hanya Aksesori, Tapi Lebih Ke Fungsional

JAKARTA, ME. Beberapa motor keluaran baru udah mengaplikasikan sistem pengereman disc brake atau cakram di roda belakang. Biasanya ini diaplikasikan pada tunggangan yang punya kapasitas mesin cukup besar. Tapi buat besutan yang pakai rem tromol bisa juga kok mengaplikasikan model rem cakram, bradsis..

Pemasangan peranti itu bukan sekadar hanya aksesori tambahan aja, melainkan ke fungsi dari penerapan sistem pengereman itu. Apalagi diaplikasikan ke skutik yang membutuhkan kinerja rem yang mumpuni. Sehingga mampu mengurangi kecepatan lebih pendek. 

“Yang perlu diperhatikan saat pasang cakram belakang, yakni pada bracket kaliper harus kuat ketika ngencengin bautnya. Jangan sampai pas bejek rem, pegangan itu patah atau lepas. Bahaya!” ujar Wiwid Catur, owner Whe2d Speed Shop daerah Ciracas, Jakarta Timur.

Pemasangan cakram di roda belakang skutik, kudu ditambahkan adaptor di tromol belakang pakai material alumunium. Setelah dudukan atau adaptor dibikin, tromol tersebut dibuatkan lubang drat baut sebagai pengikat adaptornya. 

Untuk posisinya bisa di mana aja, mau kaliper itu ada di atas atau di bawah boleh-boleh aja. Namun, yang ideal dan aman dari kotoran saat musim hujan, kaliper rem belakang adanya di atas. Selain itu, bracket juga harus menggunakan material atau bahan yang tebal dan kuat.

Selain tampilan makin kece, pengereman juga mumpuni, bradsis. Untuk pilihan cakram bisa menggunakan yang custom atau bawaan dari besutan lainnya dan after market. Contohnya, mengaplikasikan cakram ala buell alias disk lebar yang menyatu sama pelek.

“Posisi kaliper baiknya, berada di atas dan pake yang orisinal. Agar air atau kotoran gak menumpuk di dalam peranti tersebut. Lebih aman dan menyesuaikan sama penempatannya, mending bikini atau custom dari pelat setebal mencapai 1 cm,” sambung Syah Razak Acak, builder Black Stallion (BS) daerah Bekasi Timur, Jawa Barat,

Bisa juga dipadukan sama arm kanan skutik copotan besutan lain dan pemasangan lebih ringan. Kalo master rem banyak yang dijajakan dengan harga sesuai budgetnya, bradsis..

Black Stallion (BS) : 0821-25235629
Whe2d Speed Shop (WSS) : 0856-1459008

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  877 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !