Tarikan Brebet di Skutik Injeksi? Cek 3 Komponen ini
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
PERAWATAN
14
Sep
2016

Tarikan Brebet di Skutik Injeksi? Cek 3 Komponen ini

  24011   0

JAKARTA, ME. Filter udara merupakan suatu hal yang penting pada motor injeksi. Karena sistem injeksi cukup rentan terhadap debu atau kotoran kecil, bradsis. Untuk itu, komponen tersebut kudu rajin diservis atau dicek kondisinya..

Seperti yang terjadi di Yamaha Soul GT keluaran pertama alias tahun 2012 milik Agus. “Suara atau langsam motor tinggi banget dan terkadang suka ndut-ndutan kalo jalan perlahan,” keluh pria ramah ini.

Karena gak mau terjadi hal yang gak diinginkan dan merembet ke komponen lainnya, maka warga Dewi Sartika, Jakarta Timur, ini membawa ke beres (bengkel resmi) yang gak jauh dari rumahnya, guna mengetahui kerusakan di tunggangan kesayangannya itu.

“Cek dari 3 peranti ini. Di antaranya, ISC (idle speed control), selang udara di throttle body (TB) dan busi. Kalo ISC kotor, bikin putaran mesin jadi gak stabil atau tinggi. Biar kembali normal, part tersebut wajib dibersihkan,” saran Istianto, mekanik Yamaha daerah Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Penyembuhannya dengan melepas ISC dari TB dan dibersihkan ujung ISC serta TB pakai cleaner throttle body. Setelah itu, disetting ulang kerenggangannya, jaraknya sekitar 0 – 3 mm. “Tapi, sebelumnya direset lebih dulu pada ECU, baru lepas ISC. Itu biasanya terjadi di besutan yang usianya lebih dari 2 tahun,” sarannya.

Untuk peranti yang satu ini memang jarang dicek, karena kerusakannya dalam jangka waktu lama. Hal ini juga bisa bikin langsam motor jadi tinggi, bradsis. Penyebabnya ada kebocoran atau keretakan pada selang yang menuju throttle body, ditambah lagi hawa mesin yang panas bikin selang cepat getas.

“Jika selang retak atau bocor, bisa ganti baru. Harga selang berwarna abu-abu Rp 25 ribu dan yang hitam Rp 7.000. Selain itu, busi juga bisa menjadi penyebab langsam gak stabil atau gejala brebet saat dibawa jalan perlahan. Membuat akselerasi besutan kesayangan jadi terasa lemot,” tambahnya.

Menurut anjuran buku panduan servis komponen ini yang sudah menempuh jarak lebih dari 15.000 km harus ganti busi baru, bradsis. Untuk itu, jangan lupa buat selalu membersihkan atau ganti filter udara, agar pasokan udara yang masuk dapat disaring dengan optimal.

Jangan males ya, bradsis!

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  646 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !