Gedein Lubang Pernafasan, Antisipasi Ngadat di Jalan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
19
Sep
2016

Gedein Lubang Pernafasan, Antisipasi Ngadat di Jalan

  16252   0
Tutup tangki
Tutup tangki
Tutup tangki
Tutup tangki

JAKARTA, ME. Motor mati mendadak, penyebabnya bukan melulu karena mesin bermasalah, bradsis. Tapi, tutup tangki bensin juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Nah lho, apa hubungannya dengan mesin kalo begitu?

“Di balik tutup tangki, terdapat lubang kecil pernafasan bensin. Fungsinya sebagai jalur masuk udara luar ke dalam tangki agar di dalam tangki tidak terjadi kevakuman. Sebaliknya, kalau terjadi kevakuman, dipastikan bensin tidak mau mengalir ke karburator,” ujar Nazar, empunya Nazar Motor (NM).

Pebengkel di Jl. Kebagusan Raya, Jakarta Selatan, ini bilang sudah banyak pelanggannya yang alami masalah serupa, baik pada motor bebek, matik maupun sport.  Saat grip gas dipelintir, baik pada putaran rendah, sedang maupun tinggi besutan mati mendadak seperti kehabisan bensin.

“Biasanya, saya langsung buka tutup tangkinya. Lalu memperbesar lubang pernafasannya pakai mata bor. Masalahnya lubang ini kurang besar dan kadang mampet. Saat putaran tinggi, semprotan bensin dari karburator ke ruang bakar tambah banyak. Tapi kalau lubang ini kecil atau mampet, udara yang masuk juga sedikit, akibatnya suplai bensin ke karburator terhambat dan tidak maksimal,” urai Nazar.

Kalo lubang pernafasan besar, pastinya udara yang masuk juga lebih banyak, sehingga aliran bensin makin lancar. “Meski kelihatannya sepele, tapi pengaruhnya sangat besar. Nah, kalo tutup tangki tunggangan loe kira-kira mampet, sebaiknya langsung dibersihkan atau diperbesar lubang pernafasannya. Dijamin enggak akan alami masalah seperti ini,” tutup bapak 2 anak ini.

Text: Banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Banar
  604 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !