Sudah 2 Tahun Pakai, Ganti Baru Part-part Berikut Biar Tetap Joss
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
20
Sep
2016

Sudah 2 Tahun Pakai, Ganti Baru Part-part Berikut Biar Tetap Joss

  7895   1
Servis Honda Scoopy PGM-FI; Sudah 2 Tahun Pakai, Ganti Yang Baru
Servis Honda Scoopy PGM-FI; Sudah 2 Tahun Pakai, Ganti Yang Baru

JAKARTA, ME. Punya Honda Scoopy PGM-FI kesayangan yang usianya udah sampai 2 tahun? Selama pemakaian tersebut, akselerasinya pasti agak berkurang dan berbeda saat motor masih baru dari dealer. Karena pemakaian tersebut beberapa komponen sudah ada yang aus, bradsis. Untuk itu, jangan lupa untuk mengecek terus peranti besutan kesayangannya dan buat servis di beres alias bengkel resmi..

Kalo melihat buku panduan servis berkala Honda, skutik yang masa pakainya 2 tahun dengan standar jarak tempuhnya sudah di atas 24.000 km atau 24 bulan itu wajib melakukan penggantian oli mesin, oli transmisi, busi, dan V-belt.

“Anjuran dari buku panduan servis Scoopy FI melakukan pergantian pelumas minimal jarak tempuh tiap 4.000 km. Kalo oli transmisi lebih dari 8.000 km wajib ganti baru. Terus, cek juga oli mesin yang udah menempuh jarak 12.000 km. Saat melihat dari kaca oli mesin banyak endapan, baiknya segera dibersihkan,” ujar Titut, Kepala Bengkel AHASS daerah Gn. Sahari, Jaktim.

Tujuannya biar peranti di dalam mesin selalu terlindungi dan mampu bekerja dengan maksimal, bradsis. Begitu juga filter udara wajib ganti, kalo jarak tempuhnya sudah lebih dari 16.000 km, jika belum cukup dibersihkan aja. Pengecekan lain pada batas kerenggangan klep, setelan standar di klep in 0,8 mm dan ex 0,10 mm.

Dilanjutkan, pemakaian busi setiap jarak tempuh sudah 8.000 km, disarankan pakai komponen yang anyar. Tak lepas pengecekan juga pada sistem pengereman depan maupun belakang. Di antaranya; minyak rem, kaliper, tuas dan kampas rem. Lalu, lihat juga kondisi di sektor CVT, sebaiknya juga dibersihkan.

Ini yang penting di V-belt, bradsis! Jangan sampai peranti penerus tenaga ke roda belakang ini putus. Bikin rempong dan mati kutu deh loe kalo sampai putus. Makanya, kalo sudah menempuh jarak 24.000 km wajib ganti V-belt. Yakni, dengan ngecek dari keretakan komponen itu saat dibalik.

Selanjutnya, pengecekan roller dan kampas ganda, peyang atau sudah tipis cepat ganti yang baru! Ini terjadi apabila tarikan awal akan terasa berat atau selip. Kemungkinan kampas sentrifugal atau gandanya sudah tipis dan gak mengigit rumah kampas ganda.

Suspensi juga berperan penting lho! Handling gak bakalan nyaman atau enak saat bermanuver kalo sokbreker depan atau belakang terlalu lembek atau empuk. Caranya, gampang kok! Lihat aja di sok tersebut, ada kebocoran oli gak di as sokbrekernya. Terakhir setang kemudi, berat atau enggak saat setang dibelokin. Sama arah sinar lampu utama, plus komponen lainnya!

Nyok, servis, di beres (bengkel resmi), bradsis!

Daftar harga part:
Jasa servis lengkap   : Rp 80 ribu
Jasa servis ringan    : Rp  64 ribu
Oli mesin MPX-2 SAE 10W30 : Rp 38.500
Oli mesin SPX-2 SAE 10W30 : Rp 34.000
Oli gardan     : Rp 13.000
V-belt      : Rp 135.000
Kampas ganda    : Rp 118.000
Busi       : Rp 21.700
Filter udara     : Rp 45 ribu
Roller      : Rp 55 ribu

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  292 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Purchase Finasteride Without Rx Zithromax 500mg Side Effects Kamini Sildenafil Oral Jelly viagra online pharmacy Frontal Baldness Propecia Hair Loss Treatment Combivir
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !