Bikin Byson Sangar Beneran, Tenaga dan Torsi Ngisi Terus, Naik 18 dk!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
21
Sep
2016

Bikin Byson Sangar Beneran, Tenaga dan Torsi Ngisi Terus, Naik 18 dk!

  19721   0

JAKARTA, ME. Untuk tampang Yamaha Byson memang terlihat sangar dan gagah. Namun, sebagian merasakan kurang greget sama tarikan standarnya yang kapasitas mesinnya cuma 150 cc, bradsis. Kalo yang pengen tarikannya semakin nampol alias ngacir, Ken’z Motor punya paket bore up-nya nih!

“Untuk paket yang ini kita bikin bore up sampai 225 cc seharga Rp 8 jutaan. Perubahan ini sudah banyak diaplikasikan ke komunitas. Selain itu juga dites ke mesin dyno dengan hasil yang cukup memuaskan. Kalo tenaga bisa naik sampai 18 dk-an dan torsi atau akselerasinya cepat,” papar Erick, bos Ken’z Motor di daerah Duri Kepa, Jakarta Barat.

Ubahannya dengan menggantikan blok seher baru plus boringan sesuai ukuran seher yang diaplikasikan. Sedangkan seher dijejalkan kepunyaan Honda CBR250R yang berdiameter 67 mm atau oversize 350.

Akselerasi mudah didapat dengan mendesain ulang pada kruk as. Yaitu, menggeser big end dari stroke tersebut dan total langkah tersebut menjadi 6 mm pada kiri dan kanan. Tak lupa buat centering ulang kembali pada peranti tersebut, bradsis.

Agar pasokan bahan bakar lebih sempurna, maka noken as custom didial ulang. Komponen tersebut memakai bawaan motor, sedangkan payung klep mengaplikasikan produk Swedia. Begitu juga sama per klep biar kinerja buka tutupnya sempurna, bradsis. Dengan itu, head silinder juga kena porting polish.

“Buat asupan bahan bakar menggunakan karbu UMA Racing berdiamater 28 mm. Sedangkan settingan spuyer disesuaikan sama permintaan mesin. Semua pengerjaan itu bisa diselesaikan dalam waktu satu minggu,” ujar Coki, mekanik Ken’z Motor.

Untuk membuktikannya, Ken’z Motor mencoba mendyno di UltraSpeed Racing daerah Daan Mogot, Jakarta Barat, menggunakan Yamaha Byson milik pelanggannya dengan ubahan seperti tadi, hanya penambahan pada knalpot pakai DBS dan CDI BRT.

Hasil dari pengetesan dengan 3 kali run, kenaikan tenaga 18.80 dk pada rpm 8.550. Sedangkan torsi sekitar 16 Nm di rpm 6900. Namun, melihat dari grafiknya, tenaga yang dikeluarkan gak ada nge-dropnya, begitu juga akselerasi bawah ke atas ngisi terus. Tertarik untuk buktiin? Samperin aja alamat di bawah ini, atau ngobrol-ngobrol aja dulu lewat telepon..

Ken’z Motor : Jl. Kebon Raya, No.97, Duri Kepa, Jakarta Barat. Telepon : 0813-86179599

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  532 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !