Angin atau Nitrogen, Ketahui Perbedaannya Sesuai Kebutuhan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
24
Sep
2016

Angin atau Nitrogen, Ketahui Perbedaannya Sesuai Kebutuhan

  19423   0
Tekanan angin pada ban Corsa
Tekanan angin pada ban Corsa

JAKARTA, ME. Ada kalanya brad n sist galau saat akan mengisi angin ban motor, apakah pakai angin biasa atau nitrogen. Padahal secara fungsi, keduanya sama-sama mengisi tekanan di dalam ban. Mulai saat ini, loe gak usah galau lagi, bradsis. Pasalnya, dalam pembahasan kali ini loe bakal mengetahui mana gas yang seharusnya loe gunakan sesuai jarak perjalanan..

M.Sulkan Arif, selaku Technical Support Area National PT Multistrada Arah Sarana Tbk, yang jadi produsen ban motor Corsa, memberi kebebasan kepada konsumen untuk penggunaan gas yang ingin digunakan, baik nitrogen atau angin.

Tetapi Arif memaparkan untuk pengguna motor jarak jauh atau touring, gas nitrogen lebih disarankan. Pasalnya, tekanan yang dihasilkan gas nitrogen lebih stabil, sedangkan angin biasa akan memuai.

"Ketika ban yang menggunakan angin digunakan untuk motor jarak harian, pastinya ada waktu istirahat. Sedangkan perjalanan touring, waktu istirahat lebih sedikit, jadi lebih cocok gas nitrogen," jelasnya.

Agar ban lebih awet, Arif juga menyarankan tekanan angin disesuaikan dengan berat motor, "Ukuran angin standar pada ban depan 32 dan ban belakang 34. Jika berat bawaan lebih dari berat yang disarankan, maka tekanan ban lebih baik ditambah," tutup Arif.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  502 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !