Rawat CVT Honda Vario CBS 125, Cuma Rp 509 Ribu Buat 3 Tahun
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
27
Sep
2016

Rawat CVT Honda Vario CBS 125, Cuma Rp 509 Ribu Buat 3 Tahun

  10269   0

JAKARTA, ME. Udah dibekali tiap pabrik, tiap tunggangan dilengkapi dengan buku panduan servis. Tapi hampir semua pemiliknya enggan membaca maupun mengikuti petunjuk servis berkala. Alhasil, enggak sedikit pula pembesut motor matic yang kecolongan alias lupa kalo CVT-nya belum dicek maupun servis..

Seperti yang dialami Soleh, pembesut Honda Vario CBS 125 lansiran 2013 ini. Saking sibuknya bekerja, doi lupa servis bagian CVT-nya. Enggak heran kalo tunggangan warga Kedoya, Jakarta Barat, ini gredeg-gredeg di putaran bawah.

“Posisi langsam enggak ada masalah, tapi saat gas mulai dipelintir, terasa gredeg-gredeg. Saya yakin roller-nya sudah peyang, karena lama belum diganti. Tapi setelah ganti roller di bengkel umum pinggir jalan, ternyata penyakitnya masih ada. Nah, setelah saya bawa ke beres (bengkel resmi), ternyata kampas dan rumah koplingnya juga minta ganti,” beber pria yang usia motornya sudah 3 tahun ini.

Syafrudin, kepala bengkel Honda Clara Motor II bilang kenapa kampas dan rumah koplingnya mesti ganti, karena memang sudah waktunya. “Hampir semua motor matik, kalo umurnya sudah 3 tahun, peranti ini memang wajib diganti. Biasanya kampas kopling sudah tipis dan rumah koplingnya sudah kegerus atau aus,” ucap pria akrab disapa Udin.

Pebengkel di Jl. Arteri Kelapa Dua Kebun Jeruk, Jakarta Barat, ini menambahkan kalo cuma ganti roller aja tanpa ganti peranti ini satu set, gejala gredeg-gredeg masih tetap terasa. “ Ibarat motor yang pakai rantai, ganti rantai saja tapi tidak ganti gir baru, pasti dipakai kurang nyaman serta usianya enggak akan lama. Jadi, memang harus ganti satu paket,” yakin Udin.

Selain kedua peranti itu, bila komponen pendukungnya juga lama belum diganti, sebaiknya diperbaharui juga. Seperti; v-belt, roller dan rumah roller. Kalo merujuk buku pedoman servis, v-belt maupun roller diganti setiap 24.000 km. Nah, biar ada gambaran jelas mesti ganti apa aja dan berapa harganya kalo punya motor matik yang usianya menginjak 3 tahun, lihat tabel di bawah.

Honda Clara Motor II : 021-53672007

Takar biaya perawatan CVT usia 3 tahun

Kampas ganda                   Rp 110 ribu

Rumah kampas ganda    Rp 110 ribu

V-belt + roller                    Rp 173 ribu

Rumah roller                      Rp 61 ribu

Grease/gemuk                 Rp 10 ribu

Jasa                                        Rp 45 ribu

Total                                      Rp 509 ribu

Text: Banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Banar
  310 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !