Haram Hukumnya Pakai Oli Saat Memasang Ban
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
28
Sep
2016

Haram Hukumnya Pakai Oli Saat Memasang Ban

  12270   0
Ban motor
Ban motor

JAKARTA, ME. Sebagian dari brad n sist pasti masih sering memasang ban motor ke pelek dengan cara dilumasi oli bagian pinggir bannya. Walaupun memudahkan, cara seperti itu ternyata salah besar. Bahkan, memiliki efek samping yang cukup berbahaya, bradsis!

Beberapa pabrikan ban tidak menganjurkan cara seperti ini, karena ban memiliki bahan dasar karet. M. Sulkan Arif, selaku Technical Support Area National PT Multistrada Arah Sarana Tbk, yang juga menjadi produsen ban Corsa melarang cara tersebut dilakukan saat pemasangan ban.

"Di beberapa tambal ban pinggir jalan masih menggunakan cara ini, pastinya untuk kemudahan dalam pemasangan, tetapi ini tidak benar karena lama kelamaan ban akan terkikis," ujar Arif.

Lebih lanjut Arif menjabarkan cara yang sama, yaitu dengan menggunakan air sabun. "Seharusnya cukup menggunakan air sabun, meski tetap licin, sabun tidak merusak bahan yang terdapat pada ban," tutup Arif.

Selain merusak kompon yang ada pada ban, jika menggunakan oli berlebihan saat memasang ban juga membahayakan diri loe sendiri saat riding nantinya, bradsis!

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  365 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !