Siapin Dana Rp 3,5 Juta, Tenaga MX King Naik 4,22 dk!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
29
Sep
2016

Siapin Dana Rp 3,5 Juta, Tenaga MX King Naik 4,22 dk!

  25107   0

JAKARTA, ME. Sebut saja Budi, pemilik Yamaha MX-King 150 yang merasakan kurang greget sama tarikan besutannya. Padahal usianya sudah cukup tuwir, tapi gak mau tunggangan kesayangannya itu akselerasinya lelet, bradsis. Makanya, pria humoris ini upgrade performa MX-King tersebut..

“Saya bosan dan kadang kesal sendiri, kalo akselerasinya lemot. Makanya, saya pengen upgrade performa motor yang gak seberapa mahal ini biar enak tarikannya. Jadi, kalo lagi janjian sama klien bisa nguber waktu alias gak telat,” papar pria yang berusia sekitar 50 tahun tersebut.

Proses upgrade tersebut diserahkan ke bengkel Ken’z Motor daerah Duri Kepa, Jakarta Barat. Dalam waktu pengerjaan 2 minggu ini besutan kapasitas mesinnya naik menjadi 175 cc dan memadukan beberapa komponen lainnya. Wuih, sangar juga, brader. Penasaran sama hasil dari bore up MX-King itu naik berapa dk ya?

Dari hasil pengetesan di mesin Dynomite milik UltraSpeed Racing (USR) daerah Daan Mogot, Jakarta Barat, itu terlihat dari grafik saat rpm 5000 tenaga yang dikeluarkan gak ada turunnya hingga peak power. Yakni, 19.72 dk pada 11.000 rpm, sedangkan standar pabrik hanya 15.5 dk di rpm 8.500.

Meski torsi masih sama dengan standarnya 13.8 Nm, tapi rpm-nya bisa teriak di 9.900 rpm. Sedang standarnya hanya mampu digeber pada 7.700 rpm. Alhasil, akselerasi MX King bisa lebih jauh alias panjang. Dari hasil pengetesan tersebut, perubahan tenaga tersebut cukup signifikan, yakni sebanyak 4.22 dk pada power dan torsi hanya bermain di 9.900 rpm.

“Itu upgrade pahe alias paket hemat, totalnya cuma Rp 3,5 juta, belum termasuk sama knalpot. Kalo mau sama peranti itu tinggal nambahin dana buat knalpot sesuai yang pengen diaplikasikan,” papar Erick, bos Ken’z Motor. Berikut di bawah ini daftar komponen yang dipakai, bradsis..

Blok plus Seher
Untuk menaikkan kapasitas mesin, MX King tersebut diaplikasikan blok set merek SRP tipe ceramic dengan diameter seher 62 mm. Maka itu, volume silinder dari aslinya 150 cc menjadi sekitar 175 cc.

Head Silinder
Agar pasokan bahan bakar dapat disuplai dengan sempurna, maka yang mengatur buka tutup klep menggunakan produk Cibinong, Jawa Barat, yakni BRT dengan durasi 238 derajat. Sedangkan payung klep memakai merek GF Racing ukuran 22 in dan 19 out. Tak lupa lubang in dan ex kena porting polish.

ECU
Karena sudah besar volume silindernya, maka sebagai otak yang mengatur debit bahan bakar ke ruang bakar kudu makin canggih. Untuk itu, dipercayakan produk BRT Juken 3. Pasalnya, buat mapping-nya terbilang cukup mudah, bradsis.

Knalpot
Setelah semua kena upgrade, komponen yang satu ini juga sebagai penentu. Sehingga gas pembakaran di dalam ruang bakar yang dibuang makin lancar. Sebagai pilihannya menggunakan knalpot merek CLD.

Ken’z Motor (KM) : Jl. Kebon Raya, No.97, Duri Kepa, Jakarta Barat. Telepon: 0813-86179599.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  581 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !