Hati-hati, Ban Kinclong Gak Selamanya Bagus, Gak Percaya?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
29
Sep
2016

Hati-hati, Ban Kinclong Gak Selamanya Bagus, Gak Percaya?

  16356   0
Ban motor yang menggunakan semir ban
Ban motor yang menggunakan semir ban

JAKARTA, ME. Tampilan motor yang bersih dan ban yang kinclong usai dicuci memang sedap dipandang, bradsis. Tetapi loe wajib berhati-hati dengan kinclongnya ban usai disemir. Pasalnya, ada banyak cairan atau busa semir yang malah membuat ban retak..

Pada saat mencuci, sabun colek atau sejenisnya bisa loe gunakan untuk menghilangkan kotoran yang ada di ban. Kompon yang terkandung di ban masih cukup bersahabat dengan zat yang terkandung di sabun. "Sabun apapun tidak masalah, yang menjadi masalah saat disemir," buka M. Sulkan Arif, selaku Technical Support Area National PT Multistrada Arah Sarana Tbk, sebagai distributor ban Corsa.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, cairan oli dan minyak sangat tidak baik untuk ban. Dengan kata lain, itu wajib loe hindari , bradsis. Agar ban tetap tejaga, Arif menyarankan, "Usai melakukan pencucian, lebih disarankan untuk menanyakan jenis semir yang digunakan."

"Jika ragu, ada baiknya jangan digunakan dan gunakanlah semir ban yang memang sudah dikenal atau rekomen untuk ban," wanti Arif. Pasalnya, jika terlalu sering menggunakan sembarang semir ban juga bisa membuat ban cepat retak.

Kalo loe pakai untuk motor saat kontes modif sih gak masalah. Tapi kalo untuk riding, jika loe olesinnya berlebihan bisa bikin celaka, karena bikin ban jadi licin, bradsis..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  575 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !