Jangan Asal Main Pergi aja, Perhatikan Dulu 6 Hal ini!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
05
Okt
2016

Jangan Asal Main Pergi aja, Perhatikan Dulu 6 Hal ini!

  104728   0

JAKARTA, ME. Buat yang lagi mau berlibur dengan santai tanpa riding dengan motor alias meninggalkan besutan di rumah, ada beberapa tips n trik yang perlu diperhatikan. Jadi, jangan sampai pulang dari berlibur malah ajak besutan kesayangan juga berlibur di bengkel alias rusak, bradsis!

“Jangan asal main tinggal aja, meski pergi dalam waktu singkat atau beberapa minggu. Motor harus diperhatikan juga, jadi gak menimbulkan kerusakan atau trouble saat ingin digunakan alias langsung greng,” wanti Nasrudin Kamil, mekanik Ondol’s Selatan Motor daerah Arteri Kostrad, Jakarta Selatan.

Biasanya, pemilik roda dua main tinggal alias pergi dan ada yang dilupakan. Ini berlaku untuk semua tipe atau jenis motor, bradsis. Caranya gak susah, masih bisa dikerjakan sendiri kok! So, sebelum packing seperangkat pakaian buat refreshing, motornya juga diperhatikan dong!

Langkah-langkahnya seperti berikut.. Bongkar, bradsis!

GANTI OLI MESIN
Biar komponen mesin selalu awet, maka harus diberikan pelumas. Baiknya, ganti cairan pelumas alias oli mesin dengan yang baru. Tujuannya, agar bisa melapisi komponen mesin dengan baik dan menghilangkan kotoran lama yang menumpuk.

“Kalo terlalu lama didiamkan dapat menimbulkan koros alias karat, karena gak ada sirkulasi oli mesin ke semua komponen. Lalu, nyalakan mesin agar oli mesin baru itu bisa melapisi seluruh bagian komponen. Atau saat pulang liburan, mesin jangan dinyalakan, tapi ganti baru oli mesinnya. Biar kotoran langsung turun,” ujar Kamil, sapaannya.

Buat motor bebek atau sport bisa juga memenuhi bak kopling dengan oli, agar karat gak gampang menempel. Namun, loe harus menguras dan menakar kembali sesuai kapasitas isi oli tersebut saat ingin digunakan.

BENSIN
Hal ini juga berguna buat menghindari terjadinya korosi saat tunggangan kesayangan ditinggal dalam waktu lama. Tapi sehabis pulang liburan, tangki bahan bakar itu kudu dikuras dan isi lagi sama bensin yang baru, bradsis. Bensin juga ada kadaluarsanya atau basi, itu membuat akselerasi besutan jadi lemot.

“Kalo bensin dikuras membuat kotoran atau karat yang mengendap hilang dan aliran bensin makin lancar. Jika masih pakai bensin yang terlalu lama bikin performa tunggangan jadi gak maksimal,” sarannya Kamil lagi.

AKI
Meski besutan gak dipakai, tapi kabel bodi di tunggangan tetap ada aliran listrik dari aki. Hal tersebut membuat aki cepat soak, bradsis. Untuk lebih aman dan gak menguras kantong, baiknya komponen itu dilepas dan disimpan di tempat yang aman.

“Selain aki awet, juga menghindarinya adanya korsleting di besutan. Kalo memang aki sudah jelek, ya buang aja, dan ganti baru deh pas pulang liburan,” papar Kahfi Wijaya, Mekanik K22 Garage, daerah Gandul, Depok, Jawa Barat. Aman dari maling juga, bradsis!

AIR RADIATOR
Buat pengguna besutan yang terdapat radiator juga perlu diperhatikan, lho. Yaitu, menguras air yang ada di dalam radiator tersebut alias water coolant. Hal ini guna mencegah terjadinya korosi di dalam sistem pendinginan tersebut.

STANDAR DUA ATAU PADDOCK
Pastikan kondisi besutan berdiri dengan tegak, yakni pakai standar dua atau ganda. Sedang buat motor batangan alias sport yang gak punya standar tengah, bisa gunakan standar paddock.

Lalu, diberikan alas pada bawah tapak ban depan agar karet ban tersebut gak cepat keras atau memakai standar paddock khusus bagian depan. Gunanya pakai standar tengah agar oli mesin bisa rata menutupinya dan gak miring sebelah. Apalagi buat loe yang pakai besutan dengan sokbreker belakang ganda, karena akan terlalu membebankan sokbreker sebelah kiri dibanding yang kanan.

PENGAMANAN
“Kalo sudah dilakukan semua, jangan lupa buat menutupi besutan dengan tudung atau sarung motor dan setang kemudi dikunci dengan benar. Lalu, carilah tempat yang aman dan terhindar dari air hujan, yakni di dalam ruangan. Bisa juga menambahkan kunci tambahan alias gembok,” sahut Edy, owner AceVentura Custom, daerah Margonda, Depok, Jawa Barat.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  584 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !