Jangan Cuma Dicuci, Sekali-kali Detailing Dong Biar Kinclong
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
06
Okt
2016

Jangan Cuma Dicuci, Sekali-kali Detailing Dong Biar Kinclong

  7020   0

JAKARTA, ME. Saat ini hujan memang gak bisa ditebak, malah beberapa wilayah ada turun hujan dan ada yang panas. Kan bikin keki tuh, bradsis. Tapi namanya hujan harus tetap kita syukuri. Meski begitu, tunggangan kesayangan kudu tampil bersih selalu dong. Masa orangnya sudah ganteng, motornya dekil and the kumel alias kotor. Iih..

Terlebih lagi buat besutan premium yang harganya agak mahal. Tentunya ada perawatan khusus agar tunggangan tersebut selalu tampil resik alias bersih. Gak cuma motor mahal aja, tapi merek yang harga terjangkau itu juga wajib dirawat, sehingga komponen tersebut lebih awet.

Cuci steam sudah biasa, coba sekali-kali didetailing dong. Yaitu, mencuci dengan benar-benar detil sampai ke sela-sela mesin, rangka dan dalam bodi. Sedang detailing itu merupakan suatu proses akhir dari pencucian, caranya dengan memoles bodi besutan hingga kinclong.

“Polishing ini bukan sekadar poles, ada tahapan atau step-step pada proses pemolesannya. Begitu juga pencucian benar-benar dibersihkan sampai ke sela-sela motor. Baik bodi, rangka sampai mesin. Jadi, bersih luar dalam,” ucap Reza Pahlevi, salah satu owner Restomax Moto Detailing di Jl. Lebak Bulus 1, No. A3, Jakarta Selatan.

Diamini juga sama Joddy Ario, pemilik bengkel JDM Project yang menerima jasa cuci and autodetailing. “Proses dari washing alias cuci dan detailing itu sampai melepaskan semua bodi besutan. Mau itu motor berkapasitas mesin kecil sampai sekelas Harley Davidson (HD),” tambah Joddy, sapaannya yang buka usaha di daerah Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Sedang proses pengerjaannya juga gak sebentar, bradsis! Perkiraan cuci dan detailing motor kecil atau moge, bisa diselesaikan dalam waktu satu hari atau paling cepat sekitar 8 jam. Kecuali sekelas HD alias Harley Davidson bisa sampai 2 hari baru kelar dan itu pun harganya berbeda, bradsis! Biar lebih paham washing dan detailing, simak ulasan di bawah ini.


PENCUCIAN
Tentu tahap awal dibersihkan dulu motornya dengan air bertekanan. Tujuannya agar kotoran atau kerikil rontok. Namun, sebelum dicuci dan melepas bodi, dilakukan scrut atau pengecekan kondisi motor bersama pemilik besutan.

“Gunanya untuk mengetahui kondisi awal motor sampai selesai tetap seperti semula. Selain itu, terkadang ada request dari konsumen saat pencucian atau proses autodetailing-nya,” jelas Joddy.

Dilanjutkan melepas bodi besutan dan membersihkan dengan sikat kayu pada sela-sela mesin, pelek dan sasis. Sedangkan sabunnya pakai cairan pembersih yang biasa dipakai buat cuci piring. Penggunaan cairan itu karena daya bersihnya mampu mengangkat minyak atau oli motor yang menempel.

“Kita gak memakai sabun colek, karena itu bisa membuat cat lama-kelamaan jadi pudar. Kecuali kotoran yang membandel atau susah dihilangkan. Selain sabun cair cuci piring pada bodi, kita menambahkan sabun racikan sendiri khusus pencucian bagian bawah atau kaki-kaki,” papar Reza, sapaannya.

Lalu, bodi yang dilepas tadi juga dibersihkan bagian dalamnya. “Gak hanya bodi yang berlapis pernis aja, tapi sektor dalam bodi juga dibersihkan pakai shampoo khusus. Karena gak semua gerai cuci membersihkan bagian tersebut,” tambah Joddy seraya bilang kalo semua dibersihkan dilanjutkan proses pengeringan.

DETAILING
Ada tahapan saat masuk ke proses detailing. Pertama, cleaning atau pengeringan. Tahap ini menggunakan 2 atau 3 kanebo atau lap pengering berbeda dan dibantu sama angin kompresor buat mengeluarkan air yang mengendap di lubang atau sela-sela komponen.

Dengan cara disemprotkan angin kompresor bersama lap pengering, agar air yang jatuh gak ke mana-mana. Ditahap kedua, proses cutting atau mengangkat kotoran yang menempel keras dengan compound.

“Pada tahap ketiga, proses polishing. Yakni, menghilangkan baret-baret halus pada bodi atau swirlmask (sarang laba-laba). Ini bisa dilakukan dengan cara manual atau mesin. Tapi, di sini kita lebih sering pakai manual, karena bisa sampai sela-sela bodi dan mudah memantaunya,” jelas bos Restomax Moto Detailing.

Di tahap keempat atau akhir alias waxing. Sebelumnya mengoleskan cairan wax ke seluruh bagian bodi hingga kering. Setelah itu memoles baik dengan cara manual atau pakai D.A (Double Action) alias alat poles merek Meguiars. Baru deh, selesai itu semua peranti tunggangan dipasang kembali dan siap mejeng, bradsis.

TABLE HARGA CUCI DAN DETAILING
Paket Cuci Detailing Plus Wax :
- 125 cc down : Rp 75-100 ribu
- 150–250 cc : Rp 100-150 ribu
- Big skutik, 300 cc up : Rp 100-175 ribu
Harley-Davidson (HD) cuci detailing : Rp 100-200 ribu

Paket Full Autodetailing :
- 125 cc down : Rp 285 ribu
- 150-250 cc : Rp 350-385 ribu
- Big skutik, 300 cc up : Rp 385-450 ribu
- Harley-Davidson (HD) : Rp 700 ribu – 1 juta
JDM Project : 021-8660186 / 0819-32797894

Size - Regular Wash - Wash & Wax - Premium Wash & Wax - Body Detailing
Small
 - Rp 17 ribu - Rp 25 ribu - Rp 35 ribu - Rp 200-250 ribu
Medium
 - Rp 20 ribu - Rp 35 ribu - Rp 45 ribu - Rp 350-500 ribu
Large
 - Rp 25 ribu - Rp 40 ribu - Rp 50 ribu - Rp 500-750 ribu
Extra-large ----
 - Rp 70 ribu - Rp 100 ribu - Rp 1 juta up
Restomax Moto Detailing : 0888-1944864

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  298 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !