Aplikasi Per Sok Yamaha Jupiter MX, Adventure Ria Lebih Soft dan Nyaman
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-TIPS
14
Okt
2016

Aplikasi Per Sok Yamaha Jupiter MX, Adventure Ria Lebih Soft dan Nyaman

  92570   0

JAKARTA, ME. Bagi yang pengen mengubah tampang skutik kesayangan bergaya trail, tentu sektor kaki-kaki jadi fokus utamanya, bradsis. Selain pakai ban tahu alias ban khusus off road, suspensi depan juga kudu dibikin tinggi. Karena lingkar roda depan lebih besar dari standarnya, maka sok juga mesti lebih tinggi, biar gak mentok dan jarak main lebih jauh..

Untuk itu, Indra Saputra, pemilik Yamaha Mio, mau berbagi tips cara upgrade sok depan. Tujuannya agar saat beradventure ria, redamannya gak terlalu keras atau lebih nyaman. Pasalnya, setang kemudi motor trail itu terbilang tinggi dan tangan cepat.

“Bagi yang mau modif Mio bergaya trail, sok depannya bisa pakai per sok Yamaha Jupiter MX, karena daya rebound-nya lebih enak. Kalo pakai per sok Honda Supra X 110 lawas juga bisa, tapi terlalu tinggi dan keempukan, sama tangan bikin cepat pegal,” ungkap Indra, warga Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, yang kerap ikut perlombaan off road dan adventure.

Profil dari peranti MX 135 punya panjang 36 cm, lebih panjang 3 cm dari Mio, bradsis. Sedangkan Supra X, memang lebih panjang 1 cm dari MX. Tapi buat bermain adventure, terlalu empuk dan bikin tangen pegal. Saat pemasangan komponen itu ada beberapa peranti tambahan lainnya, yakni menambahkan selongsong besi agar sok jadi tinggi.

“Bagian atas dalam as sok diganjal besi selongsongan padat atau part after market yang panjangnya sekitar 5 cm. Kalo harganya, kisaran Rp 100 ribuan. Komponen itu berfungsi sebagai penahan per sok dan membuat redaman sok lebih soft dan cepat balik lagi,” papar Toming, mekanik D2 Motor daerah Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Per suling dan suling sok Mio ini tetap mempertahankan aslinya, bradsis. Tapi, takaran oli setiap sok ditambahkan dari standarnya 100 mililliter. “Yakni, 60 mililiter setiap tabung sok tersebut. Atau ditambahin setengah botol oli sok tiap tabung soknya,” tutup mekanik D2 Motor.

Siap adventure, bradsis?

Bengkel: D2 Motor : Jl. RTM. H. Muin, No. 46, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Telepon: 0812-19090915.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  749 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !